Kamis, 25 Desember 2008

Free Sex anak SMA Meluas?

. Kamis, 25 Desember 2008
/show.js">

Seks di luar nikah (free sex) tidak dibenarkan dalam norma kehidupan, baik agama maupun norma sosial. Tetapi pada kenyataannya kasus free sex pra nikah makin meluas di kalangan remaja, terutama di kalangan anak SMA


Sebab dari sekian banyak kasus yang ada, free sex kebanyakan dilakukan oleh kalangan remaja, mungkin juga sudah membudaya di kalangan putih abu-abu. Hal ini merupakan bukti nyata dampak dari tingginya keinginan seks di kalangan remaja, terutama yang masih SMA.

Dalam upaya memerangi sek bebas dikalangan putih abu-abu mahasiswi DIII Komputerisasi Perkantoran dan Kesekretariatan (KPK) Stikomp Surabaya menggelar kegiatan studi seminar dengan tema Aborsi dikalangan Putih Abu-abu untuk kalangan SMU. Tepatnya di ruang Auditorium kampus Stikomp Surabaya, Jumat (19/12) digelar.

Sebanyak 120 siswa SMU se Surabaya terlihat antusias mengikuti seminar itu. Para siswa tersebut masih mengenakan seragam putih abu-abunya. Mereka berasal dari SMU Mahardika, SMU 17 Agustus, SMU Dr Soetomo, SMK Mahardika, SMK PGRI 13, dan SMKN 1 Surabaya.

Menurut Adelia Dwinta Yuniar C, Ketua Pelaksana kegiatan ini, setidaknya dalam acara ini pihaknya bisa berbagi informasi dan sharing dengan siswi-siswi SMU tentang pengetahuan seks dan bahaya aborsi.

"Dengan harapan dapat menambah wawasan pendidikan seks dikalangan pelajar. Agar mereka juga tidak salah dan tetap berada di jalur yang benar yakni sebagai seorang pelajar yang belajar bukan main-main," katanya.

Adel panggilan akrabnya, mengatakan kegiatan ini sebenarnya merupakan bagian dari tugas kuliah pada mata kuliah konferensi dan rapat serta teknik presentasi dan pengolahan acara. "Secara tidak langsung kegiatan ini sebagai media untuk mengembangkan potensi dan keahlian mahasiswa dalam meningkatkan advantage," paparnya.

Untuk itu pemateri dalam seminar tersebut dilakukan oleh mahasiswa yakni terdapat dua orang mahasiswa Eliza Nugraheni dan Nanda Kreativianti mahasiswi DIII-KPK Stikomp Surabaya angkatan 2006.

Materi tersebut dibawakan secara bergantian. Eliza mengatakan pelaku aborsi di kalangan remaja kebanyakan dilakukan di usia 18 hingga 19 tahun sekitar 14 persen. Sedangkan bentuk aborsi itu dikatakan Elisa terdapat tiga macam yakni aborsi alamiah yang terjadi karena keguguran, kedua aborsi buatan atau sengaja yang dilakukan sebelum usia kandungan 28 minggu, sedangkan ketiga adalah aborsi terapeutik atau medis yang dilakukan di dalam kandungan melalui bantuan dokter.

Dalam penyajian materi juga diberikan gambar-gambar yang sesekali membuat para peserta ngeri. Elisa juga mengatakan alasan para remaja melakukan aborsi di antaranya karena kebanyakan mereka belum siap menjadi ibu dan merawat anak, lalu terdapat tekanan dari pihak luar seperti pacar, keluarga, dan lingkungan sekitar.

Sementara Ananda melanjutkan materi itu tentang resiko dari aborsi seperti risiko kesehatan dan keselamatan fisik yang terdiri dari kematian, rahim yang sobek, kerusakan leher rahim, kanker payudara, dan kanker indung telur, sedangkan resiko gangguan psikologis terdiri dari kehilangan harga diri, berteriak histeris, mimpi buruk berkali-kali mengenai bayi.

"Bahkan si pelaku bisa melakukan bunuh diri, mulai mencoba menggunakan obat-obat terlarang, tidak bisa menikmati hubungan seksual, dan dipenuhi perasaan bersalah," katanya.

Mirna salah satu peserta dari SMU Mahardika mengatakan kalau acara seperti ini wajib diikuti karena selain menarik juga bisa menambah wawasan dalam pergaulan. "Melihat gambar-gambar tentang aborsi itu ngeri jangan sampai terjadi dech dan tidak pengen," ungkapnya.

Beberapa peserta yang hadir juga terdapat sebagian peserta laki-laki. Seperti Anto dari SMU 17 Agustus mengatakan kegiatan ini sangat menarik karena selain menambah wawasan sebagai kaum adam pihaknya mesti harus berhati-hati dalam pergaulan.

"Kita sebagai pihak yang bertanggung jawab. Jadi kalau misalnya belum siap berkeluarga mending ndak usah neko-neko deh," ucapnya di sela-sela akhir seminar.


Related Posts by Categories



/show.js">

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com