Minggu, 04 Januari 2009

Aliran Aliran Sesat di Indonesia

. Minggu, 04 Januari 2009
/show.js">

Indonesia adalah negara yang terkenal akan kekayaan sumber daya alamnya,termasuk juga keragaman agama yang dianut oleh warga Negara Indonesia.Dan dari keragaman agama itu masih ada pula keragaman yang muncul dalam tiap-tiap agama.Keragaman itu dinamakan dengan suatu aliran atau paham.. Berikut ini akan kang adek sajikan, aliran-aliran sesat di Indonesia:


1.LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia)

Pendiri dan pemimpin tertinggi pertama gerakan ini adalah Madigol Nurhasan Ubaidah Lubis bin Abdul bin Thahir bin Irsyad.Lahir pada tahun 1915 di Desa Bangi,Kec. Purwoasri, Kediri, Jawa Timur.Gerakan ini menganggap al-Qur'an dan as-Sunnah baru sah diamalkan kalau manqul(yang keluar dari mulut imam atau amirnya).Dan gerakan ini membuat syarat baru tentang sahnya keislaman seseorang.Orang yang tidak masuk golongan mereka
dianggap kafir dan najis.

2.Ahmadiyah

Orang yang mengakui adanya nabi lagi setelah Nabi Muhammad saw.Itulah kelompok Ahmadiyah yang mempercayai Mirza Ghulam Ahmad dari India
sebagai nabi setelah Nabi Muhammad saw.Gerakan Ahmadiyah didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad di India. Mirza lahir 15 Februari 1835 M.dan meninggal 26 Mei 1906 M di India.
Ahmadiyah masuk ke Indonesia tahun 1935,

3.Salamullah

Agama Salamullah adalah agama baru yang menghimpun semua agama, didirikan oleh
Lia Aminuddin, di Jakarta.Dia mengaku sebagai Imam Mahdi yang mempercayai
reinkarnasi. Lia mengaku sebagai jelmaan roh Maryam,sedang anaknya "Ahmad Mukti" yang kini hilang,mengaku sebagai jelmaan roh Nabi Isa as.Dan imam besar agama Salamullah ini Abdul Rahman,seorang mahasiswa alumni UIN Jakarta,yang dipercaya sebagai jelmaan roh Nabi Muhammad saw.

4.Aliran al-Qiyadah al-Islamiyah

Didirikan pada tanggal 23 Juli 2006 oleh Acmad Moshaddeq alias H Salam.Dirinya mengaku sebagai nabi baru yang menggantikan posisi Nabi Muhammad SAW dan mendapatkan wahyu dari Allah SWT.Pengakuan itu muncul setelah dirinya melakukan pertapaan selama 40 hari 40 malam.Pelantikan H Salam sebagai rasul dilakukan pada tanggal yang sama di Gunung Bunder,Bogor,Jawa Barat.Kitab suci yang diyakini aliran ini tetap al-Qur’an.Hanya saja,mereka menafsirkan sendiri kandungan ajaran al-Qur’an,tanpa merujuk pada pendapat para ahli tafsir masa lalu.Mereka tidak mempercayai adanya hadits sebagai
rujukan agama yang terpenting setelah al-Qur’an.Aliran ini memiliki syahadat baru yaitu “Asyhadu alla ilaha illa Allah wa asyhadu anna al-Masih al-Ma’ud Rasul Allah”
(Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa al-Masih al-Ma’ud adalah Rasulullah).


Penyebab munculnya aliran-aliran ini :

1.Bertujuan untuk menghancurkan akidah umat Islam Indonesia.
Indonesia adalah negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia.Dan dalam diri mereka(orang-orang yang ingin menghancurkan islam)adanya suatu kekhawatiran bahwa peradaban Islam diprediksikan akan kembali berjaya seperti di masa Dinasti Abbasiyyah (750 M – 1258 M).Oleh karena itu mereka menghancurkan akidah umat islam agar umat islam tepecah belah dan tidak berjaya kembali.

2.Untuk mencari popularitas bagi para pendiri aliran-aliran sesat ini.

3.Disebabkan terlalu banyaknya jumlah rakyat miskin dan pengangguran di Indonesia.
Orang yang hidupnya miskin dan menganggur mudah dipengaruhi atau diajak untuk bergabung dengan aliran-aliran sesat.Apalagi kalau diiming-imingi materi.

4.Bisa disebabkan karena pasal 28E ayat (2) menyebutkan"setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya,memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan,memilih kewarganegaraan,memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya,serta berhak kembali.

5.Munculnya aliran-aliran ini dipicu oleh rasa frustrasi umat akibat kondisi keterpurukan ekonomi dan hiruk-pikuk politik


Buat teman-teman semua berhati-hatilah terhadap aliran-aliran sesat yang bermunculan dan jangan mudah terpengaruh dengan aliran-aliran tersebut.
Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

14 komentar:

Setetes Ilmu mengatakan...

X( ALIRAN SESAT KU TUNGGU KALIAN SEMWA DI NERAKA!!!!!

dada mengatakan...

pendirinya suka jadi nabi and ilhamnya dapat dari setan,ato jin kredit

Anonim mengatakan...

wong kok sak karepe dewe gak pernah ngaji kali ya. ngaku ngaku nabi dasar orang gila yang ngaku nabi sebaiknya dimasukan rsj aja

Dika mengatakan...

WARNING!!!!!!!!!!!!!!!
KIAMAT SUDAH DEKAT!!!!

jual chips poker bandung mengatakan...

saya berusaha netral disini...fenomena bermunculannya agama baru di luar agama yang di yakini oleh pemerintah yaitu 6 Agama memang sangat betentangan dengan UUD 1945 selaku hurarki perUndang-Undangan tertinggi di bumi pertiwi lihat UUD 1945 Pasal 28E...terlebih di kuatkan dengan UU Ham, akan tetapi pemerintah pun berusaha agar agama di luar 6 agama tersebut di batasi dengan lahirnya UU no 1 PNPS 1965 di kuatkan dengan pasal 156a KUHP, bila di lihat dari Pasal 103 KUHP maka ketentuan di UU no 1 Pnps 1965 juga berlaku di Indonesia, akan tetapi itu hanya berlau bagi UU HAM dan UU no 1 Pnps 1965, bagaimana dengan UUD 1945 apakah dapat di sentuh dengan Pasal 103 KUHP?..Tentu tidak dengan kata lain di Indonesia Ini seharusnya kepercayaan seseorang tidak di batasi oleh siapapun, dan apabila ingin adanya kebebasan tersbut di batasi perlulah segera membuat peraturan yang jelas perihal agama tersebut sehingga penodaan agama tidak kembali bermunculan, dan kerukunan dalam beragama kembali harmonis, disini pemerintah sebagai kepanjangan tangan Tuhan jadi pemerintah sedikitnya punya Hak untuk membatasi akan tetapi perlu adanya dasar hukum yang kuat untuk itu karena Indonesia merupakan Negara Hukum, dan Bukan Hukum Rimba ( yang kuat/Yang banyak menang )....

Mr.dick mengatakan...

ga usah di pikirin maraknya aliran sesat di indonesia, semua itu biar Allah SWT yang ngurus. tugas kita adalah meningkatkan IMAN kita... jangan sampai IMAN kita pudar gara-gara ngurusin hal-hal yang ga penting..!!

Anonim mengatakan...

http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/24.gif
http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/24.gif
nabi tuh ga sekucel H. Salam

Anonim mengatakan...

kiamaaaaaattttt

Anonim mengatakan...

ada2 aja tu orang,dah pda gila kali ya,makanya kl pinter tu jngn keblinger,buruan deh tobat sebelum ajal menjeput,nyesel loh

Anonim mengatakan...

Aslkm..saudaraku kang Adek, eta meni gegabah menempatkan LDII sbg aliran sesat, di nomor 1 lagi, peh peh peh???sdh cek & recek belum?kalau blm, baeknya coba sekali2 ikuti acara kegiatan/pengajian LDII, bener nggak seperti fitnah yg berkembang selama ini?apalagi kalau anda orang yg berwawasan/seorang intelektual tentunya jangan donk mudah keracun/percaya dg katanya orang atau katanya buku yg dibuat o/ orang yg tdk senang/barisan sakit hati thd LDII, yg semacam itu tdk bs dipertanggung jawabkan secara ilmiah...sok ah buktikan dulu baru bicara, hati2 lho kalau asal comot malah menebarkan fitnah..wassalam

OEN-OEN mengatakan...

kenapa ldii g bisa dibubarkan ya :-L

Anonim mengatakan...

HAI PENULIS LAMA2 MULUTMU TAK TAMPOL JUGA,APA DASARNYA KAMU BILANG LDII ITU SESAT

Anonim mengatakan...

manqul(yang keluar dari mulut imam atau amirnya)
YANG BENAR YANG DISEBUT MANGKUL GINI BOS

1.1 MANQUL
Manqul itu bahasa arab berasal dari kata Naqola. Manqul secara harfiyah artinya yang dipindahkan. Adapun arti menurut agama Islam adalah belajar mengaji Quran dan Hadits dengan cara berguru atau ilmu Quran dan Hadits yang dimiliki oleh seseorang itu diperoleh melalui proses pemindahan ilmu dari guru ke murid. Adapun sistem manqul ada beberapa macam cara antara lain:-
a) Guru yang membacakan ilmu, murid mendengarkan.
b) Guru sedang mengajar ilmu kepada muridnya kemudian ada orang lain mendengarkannya.
c) Dengan sistem munawalah yaitu guru memberi hak/wewenang kepada muridnya yang dipandang sudah menguasai ilmu manqul untuk mengerjakan dan mengajarkan ilmu tersebut atau guru berkirim surat yang berisi Al Quran dan atau Hadits kepada muridnya tentang suatu masalah lalu murid membaca dan melaksanakannya.
Diposkan oleh Sincerity of Islam Religion

pecinta ISLAM mengatakan...

janokk nn yg bwat LDII mnjd aliran sesat
sakettt hattiiii nn akkkkkkk

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com