Sabtu, 17 Januari 2009

Internet tumbuh 2 kali lipat setiap 5 tahun

. Sabtu, 17 Januari 2009
/show.js">

Ingat Moore's Law (Hukum Moore)? More menyebutkan jumlah transistor yang bisa diintegrasikan ke dalam sebuah chip akan berlipat 2 kali setiap 18 bulan. Saat ini, sekelompok peneliti dari Cina menemukan bahwa Moore's Law juga bisa menggambarkan pertumbuhan internet. Pada studi baru-baru ini, para peneliti itu memprediksikan bahwa internet akan tumbuh 2 kali lipat setiap 5,32 tahun


Penemuan tersebut adalah salah satu dari studi yang dipublikasikan oleh Guo-Qing Zhang dkk, pada penerbitan terakhir New Journal of Phisics. Para peneliti menginvestigasi evolusi dari topologi internet berskala besar. Berdasarkan routing data dengan interval 6 bulan dari tahun Desember 2001 hingga Desember 2006, para peneliti memprediksi tidak hanya tingkat pertumbuhan eksponensial dari internet yang sejalan dengan Moore's Law, tapi juga secara spesifik bagaimana internet berkembang.

Studi tersebut tidak melihat internet dalam hubungannya dengan Web sites di World Wide Web, tapi pada level autonomous systems (AS). Seperti apa yang Zhang jelaskan, AS (satuan dari routing policy), adalah domain routing administratif yang bisa menerapkan policy sendiri, yang merupakan hasil dari perjanjian komersial antar autonomus systems. Universitas, ISP, atau suatu jaringan perusahaan besar dapat memiliki AS ini.

Dalam model para peneliti, tiap node menggambarkan suatu autonomous system (AS). Koneksi antar AS adalah, dalam dunia nyata, baik secara fisik (contohnya koneksi kabel fiber optik antar dua jaringan) dan secara komersial (contohnya perjanjian antara dua jaringan).

Untuk mengidentifikasi core dari internet, yang merupakan bagian paling penting, para peneliti menggunakan suatu metode yang namanya k-core decomposition. Disini, k-core diperoleh dengan berulang menghilangkan semua node (dengan link-nya masing-masing) dengan kadar kurang dari k. Sangat sedikit node yang dimiliki core: Bagian pusat dari core (nukleus) berisikan kurang dari 0,3% dari total node.

Secara keseluruhan, para peneliti menemukan bahwa core dari internet dan yang mengitarinya sepertinya dikuasai oleh mekanisme-mekanisme evolusioner yang berbeda. Sementara core tersebut relatif stabil, mayoritas node-node dan batas-batas baru yang ikut andil dalam ledakan internet terlihat di dalam lingkarannya. Hasil ini kontras dengan hasil studi sebelumnya, yang memperlihatkan bahwa maksimum k dari core bertambah sebesar maksimum pertumbuhan internet.

"Banyak model diajukan untuk memprediksi evolusi properties internet di masa depan, dan untuk pengetahuan kita, model-model ini mengasumsikan bahwa bagian pusat dan yang mengitarinya turut dalam mekanisme perkembangan yang sama, dan koneksi internet maksimal akan tumbuh dengan sangat cepat," Zhang, dari Institute of Computing Technology di Chinese Academy of Sciences, mengatakan pada PhysOrg.com. "Disini kita menunjukkan bhawa tingkat maksimal (jumlah koneksi) demikian juga ukuran bagian pusatnya adalah relatif stabil, dan ledakan terutama dikontribusi oleh node-node di lingkarannya. Penemuan ini mengindikasikan sebuah gambaran yang sangat berbeda dengan sebelumnya, dan bisa disebut sebagai kriteria penting untuk internet modelling." pungkasnya.

source: lihat di sini

Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

1 komentar:

T.Andriansyah mengatakan...

Yth Bp.Adek,

Maaf menggangu, perkenalkan nama saya Andri di Medan. Saya sempat mengunjungi blog Anda yang membahas tentang bisnis di Internet & pertumbuhannya. Blog Anda sangat bagus. Pada kesempatan ini Saya ingin mengajak Anda untuk mulai menjalankan bisnis Online yaitu UnicoreNetwork.com .

Banyak sekali fasilitas bisnis yang akan Anda temukan dari situs ini. Salah satunya, Anda bisa memiliki website serupa seperti UnicoreNetwork.com dengan ID Anda sendiri untuk promosi bisnis Anda di internet selama 24 jam, pemberian dana suport, pengembangan bisnis tak terbatas, bahkan bergaransi! Atau Anda bisa pelajari lebih lanjut dari situs kami www.unicorenetwork.com

Situs ini dihadirkan sebagai sarana pendukung untuk mengembangkan jaringan bisnis Anda tidak hanya di kota tempat Anda berdomisili, tetapi juga untuk bisa jauh di luar kota dari tempat tinggal Anda, bahkan bisa ke luar negeri. Sehingga jaringan & omset bisnis Anda akan meledak. Pernahkah terbayangkan oleh Anda bila Anda sudah memiliki jaringan yang aktif di Aceh atau bahkan di Papua, padahal Anda belum pernah kesana? Nah, cara kerja di sistem online sangat efesien & sangat membantu sekali. Dengan sistem online tidak mengenal jarak & waktu serta menghemat biaya yang sangat besar. Cara kerja ini telah melengkapi dari sistem konvensional.

Untuk Anda ketahui, menurut Robert T Kiyosaki & Paul Zane Pilzer, saat ini ada 3 kekuatan bisnis masa depan (modern) bila Anda ingin sukses, yaitu:
1. Pendidikan (Anda bisa dapatkan dari Unicore)
2. Internet (Anda bisa temukan dari UnicoreNetwork.com)
3. Network Marketing (contohnya Tianshi)
Dan Anda sudah melihat ke-3 hal tersebut dari situs kami! Dimana ke-3 kekuatan itu telah kami gabungkan dalam 1 situs bisnis dahsyat yaitu www.unicorenetwork.com

Saat ini, web kami baru di launching awal Januari 2009 ini. Kami sangat-sangat optimis, dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang telah mencapai 25 juta orang sejak tahun 2000 hingga 2008 (naik 1,150% dan akan terus betambah!!! Silahkan cek di : http://www.internetworldstats.com/stats3.htm#asia ), juga ramalan "Wellness Industry" tentang bisnis kesehatan akan booming tahun 2010, maka orang-orang yang telah mengambil peluang bisnis bersama kami di UnicoreNetwork.com akan menjadi bagian dari ledakan bisnis masa depan! Anda bisa bayangkan bagaimana masa depan Anda dengan bisnis Tianshi yang Anda jalankan dengan cara Online? Pasti akan meledak bukan???...

Ilustrasi terkecil yang bisa Anda bayangkan seperti ini:
- Jika hanya (tidak dengan 50%, atau 10%, bahkan tidak dengan 1%), tetapi hanya 0.1% saja dari total jumlah pengguna internet di Indonesia yang join di group Anda, maka ada 25,000 orang yang akan join di group Anda.
- Jika dari 25,000 orang itu join minimal dengan *2 saja, maka total omset group Anda sebesar Rp. 12,5 milyar!!!

Jadi saran kami, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk segera bergabung bersama kami menuju sukses yang lebih cepat. Jika ada jalan untuk cepat, mengapa pilih yang lambat? Jika ada cara kerja pintar, mengapa pilih cara kerja lama? Ambil segera kesempatan ini. Daftar Online di: http://www.unicorenetwork.com/join.php

Kami tunggu Anda di puncak kesuksesan bersama!
Salam dahsyat,

ADMIN UnicoreNetwork.com
HP.08126314664

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com