Kamis, 08 Januari 2009

Nominasi Pemain Terbaik FIFA 2008

. Kamis, 08 Januari 2009
/show.js">

Lima pemain menjadi nominasi peraih penghargaan sebagai pemain terbaik dunia 2008 versi FIFA. Lima nominasi tersebut akan bersaing ketat untuk disebut yang terbaik di planet ini
Cristiano Ronaldo
Banyak pendapat tentang Cristiano Ronaldo. Dilihat dari penampilan dan prestasi, tidak salah jika menunjuk Ronaldo sebagai yang terbaik. Top skorer Eropa, Liga Champions dan Premier League serta trofi Piala Dunia Antarklub adalah sederet prestasi yang diraihnya. Ronaldo juga menjadi peraih gelar Ballon d'Or 2008.

Namun penilaian pemain terbaik tak hanya ditilik dari prestasi semata. Sikap di dalam dan luar lapangan menjadi poin tersendiri yang memiliki pengaruh besar. Kepribadian Ronaldo dianggap kurang sebagai pemain bintang.

Kemampuan winger asal Portugal ini bisa dikatakan lengkap. Ronaldo dengan fisik yang menjulang, cukup kuat bila berbenturan dengan lawan. CR-7 juga terkenal dengan dribbling maut, akurasi tendangan dan kuat di udara.

Tiba di Manchester United menggantikan David Beckham, Ronaldo membawa perubahan yang signifikan pada permainan United. Bila Beckham mengandalkan umpan panjang yang akurat, Ronaldo datang membawa sejuta trik bagai seorang pemain sirkus dan pesulap.

Musim ini akan menjadi jawaban apakah Ronaldo masih mampu membawa Red Devils berprestasi di Premier League dan Liga Champions. Satu kekurangan Ronaldo adalah belum pernah berprestasi tinggi bila berkostum Timnas Portugal.

Fernando Torres
Suporter fanatik Liverpool, menaruh harapan besar kepada Torres ketika tiba di Anfield dari Atletico Madrid, 2007 lalu dengan biaya transfer 20 juta poundsterling. Fans The Reds ini ingin melihat banyak gol tercipta dari kaki dan kepala Torres seperti yang pernah mereka lihat di era Ian Rush dan Kenny Dalglish.

Torres terlahir sebagai seorang pencetak gol dan pembunuh di kotak penalti lawan. Pergerakan tanpa bola dan mencari posisi adalah kelebihan Torres. Penyelesaian akhirnya maut, dan Torres bisa melakukan tipuan bila berhadapan satu lawan satu dengan pemain belakang lawan.

Setiba di Inggris banyak yang meragukan Torres akan sulit beradaptasi dengan kerasnya permainan Premier League. Semua dijawabnya dengan raihan 24 gol di musim lalu. Catatan yang luar biasa untuk pemian debutan dari luar Inggris.

Prestasi terbaik Torres di 2008 adalah pada perhelatan Euro 2008 di Swiss dan Austria. El Nino mengantarkan Spanyol menjadi kampiun setelah gol tunggalnya ke gawang Jerman menjadi penentu kemenangan Spanyol.

Musim ini Torres sedikit mengendur. Cedera memaksa Torres beristirahat di awal musim. Kini Torres sudah siap beraksi dan membawa The Reds ke tangga juara Premier League yang sedikit lagi di genggaman.

Xavi Hernandez
Gelandang Barcelona Xavi Hernandez, sukses mengantarkan Spanyol jadi jawara di Euro 2008. Permainan apiknya membuat UEFA menunjuk Xavi sebagai pemain terbaik di turnamen Austria dan Swiss tersebut.

Pemain 28 tahun tersebut adalah sosok vital di lini tengah Spanyol dan Barcelona. Tidak perlu banyak gaya, Xavi mengandalkan kontrol permainan dan distribusi bola yang efektif. Juru masak permainan Barca ini memainkan sepakbola dengan lembut dan punya rasa tersendiri dalam filosofi sepakbola menyerang.

Gol tunggal Fernando Torres di laga final Euro 2008 melawan Jerman, adalah hasil assist sempurna pemain produksi akademi sepakbola Barcelona. Dia sudah bergabung dengan Barca sejak 11 tahun. Desember lalu Barca memperpanjang kontraknya hingga 2014.

Musim ini kontribusi Xavi di lini tengah El Barca membuat Tim Katalan itu menjadi pemuncak klasemen La Liga. Barca memiliki selisih 11 poin dengan peringkat dua Valencia.

Lionel Messi
Lionel Messi sudah sering disebut sebagai titisan legenda Argentina, Diego Maradona. Pelatih Timnas Argentina itu sendiri menyatakan jika Messi melebihi kehebatan dirinya. Maradona menyatakan itu kala menyaksikan langsung Messi mencetak hattrick pada laga melawan Atletico Madrid di Vicente Calderon.

Pemain 21 tahun ini adalah maestro skill mengontrol bola. Kemampuan menggocek dan lari yang cepat serta finishing yang akurat adalah senjata andalan lain Messi. Golnya ke gawang Getafe pada laga King Cup, April 2007, mengingatkan publik dunia dengan gol milik Maradona di Piala Dunia 1986 melawan Inggris. Messi menari dari garis tangah lapangan, melewati lima pemain Getafe.

Lahir di Rosario, Santa Fe, Argentina, 24 Juni 1987, Messi bergabung dengan Barcelona sejak usia 13 tahun. Dia mulai bersinar ketika era kepelatihan Frank Rijkaard. Debutnya untuk tim senior terjadi pada laga persahabatan melawan Porto, November 2003 pada usia 16 tahun. Debut untuk Timnas Argentina terjadi pada laga uji coba melawan Hongaria, Agustus 2005.

Prestasi tertingginya di 2008 adalahm mengantarkan Argentina meraih medali emas di Olimpiade Beijing 2008. 10 golnya di La Liga musim ini membawa Barca menjadi pemuncak klasemen dengan selisih 11 poin.

Kaka
Playmaker AC Milan dan Brasil, Kaka sedang berusaha keras mempertahankan trofi pemain terbaik dunia versi FIFA yang diraihnya di musim 2007.

Banyak mengalami cedera di 2008, membuat efektivitas dan konsistensi pemain 26 tahun ini, cenderung menurun. Kaka pun dianggap sulit mempertahankan penghargaan itu jika bersaing dengan nama-nama di atas.

Sebagai mantan pemain terbaik, kemampuan Kaka memang belum dianggap luntur. Kaka juga dianggap memiliki kepribadian positif di luar lapangan yang dianggap religius dan hidup ?bersih'.

Tidak ada prestasi menonjol yang ditunjukan Kaka pada musim lalu. Milan gagal mempertahankan trofi Liga Champions dan terpuruk di Serie A. Musim ini Kaka sedang berusaha keras mengembalikan kejayaan Milan.


Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com