Sabtu, 17 Januari 2009

Orang Orang Kaya dari Internet yang Berusia Muda

. Sabtu, 17 Januari 2009
/show.js">

Internet, kalo buat sebagian yang masih buta akan dunia bisnis sih menganggap tak akan menghasilkan apa apa, tapi tahukah Sampeyan kalau ternyata, banyak orang kaya di luar negeri sana yang berhasil lo menjadi miliarderr, dan ternyata, sebagian dari mereka ada lho yang berumur kurang dari 30 tahun!!! Penasaran?? Yuk kita lihat satu satu


1. Matt Mullenweg

Pemilik situs: WordPress.com

Penghasilan dari situs: US$40 million

Di urutan pertama gue tulis tentang Matt Mullenweg. Di atas gue udah ngenalin siapa orang ini. Yang jelas, di dunia online ketika denger nama Matt Mullenweg, orang pasti langsung inget sama WordPress. Kalo mau liat profilnya lebih lengkap, lo bisa cari di situs resminya dia, di http://ma.tt. Pada bulan Juni 2002, Matt memulai sebuah photoblog pribadi make software blogging B2/Cafelog buat majang foto-foto perjalanannya ke Washington D.C. Software B2/Cafelog inilah yang jadi cikal bakalnya WordPress. Tepatnya di awal tahun 2003, Matt mulai ngembangin WordPress. Dalam ngembangin WP, Matt gak sendirian. Dia dibantu ama sohibnya Mike Little, ama Michel Valdrighi - pembuat asli software B2/Cafelog. Ternyata rancangan awal software WP buatan Matt dkk ini banyak yang tertarik. Salah satunya adalah perusahaan IT terkemuka dunia, CNET. Dan setahun kemudian, tepatnya Oktober 2004, Si Matt direkrut ama CNET buat ngembangin software WP. Akhirnya Matt pun mutusin dropped-out dari kuliahnya, terus pindah dari San Fransisco ke Houston untuk mulai bekerja di CNET. Matt ama team WordPress sendiri secara resmi ngerilis WordPress 1.5 pada Februari 2005. Pada rilisan pertama, software WP berhasil didownload tak kurang dari 900.000 kali download-an. Laris manis!! Si Matt gak lama-lama gawe di CNET. Oktober 2005, Matt mutusin keluar dari CNET. Katanya sih, dia pengen lebih fokus ngembangin WordPress sendirian. Bulan Desember di tahun yang sama, Matt ngumumin kalo doski bikin perusahaan yang didirika dengan tujuan biar bisa ngelola WordPress lebih profesional. Perusahaan itu dikasih nama Automattic. Di bulan Maret 2007, Matt masuk ke dalem daftar 50 orang paling penting di jagad web versi PC World. Mantabs.

2. Alex Tew

Umur: 21 tahun

Pemilik situs: Million Dollar Homepage

Penghasilan dari situs: $1,037,100

Alex Tew adalah seorang remaja berumur 21 tahun dari Inggris yang berhasil menghasilkan jutaan dollar dari situs buatannya, Million Dollar Homepage. Idenya sederhana aja: dia ngejual 1000×1000 pixel grid (satu juta pixel) di halaman depan situsnya, untuk nampilin logo, banner, ato desain iklan yang pengen ditampilin si pembeli untuk dipajang secara online selama 5 tahun. 1 pixelnya dia jual seharga $1, dengan pembelian minimum 100 pixel. Cuma dalam kurun waktu 4 bulan aja, 1 juta pixel ludes kejual. Dan Alex pun jadi miliyuner dengan sukses…

Awalnya, Alex gak nyangka idenya ini bisa berhasil. Alex sendiri cuma bermodalkan 50 poundsterling waktu mulai bisnisnya. Uang itu dia pake untuk beli domain dan bayar layanan web hosting. Metode promosinya pun terbilang sederhana - malah cenderung primitif: dari mulut ke mulut. Hebatnya, ternyata selang 3 hari kemudian, 20×20 pixel pertama berhasil kejual. Yang beli adalah sebuah situs music online. Abis gitu, Alex langsung bikin press release sederhana tentang situsnya. Yang lebih mencengangkan, dua minggu kemudian situsnya sanggup mencetak ribuan dollar. Uang itu Alex pake buat bayar biaya kuliahnya selama setahun di University of Nottingham. Gila… cuma dua minggu aja! Berita kesuksesan Alex pun lantas menyebar. Abis itu udah deh, gak ketulungan banyaknya situs yang muncul menyerupai Million Dollar Homepage-nya Alex, sembari berharap situs mereka sanggup menyamai atau bahkan melebihi kesuksesan situs yang dibangun sang bocah Inggris kaya raya tersebut.

3. Mark Zuckerberg

Umur: 24 tahun

Pemilik situs: Facebook

Penghasilan dari situs: $700 million

Di daftar yang ketiga gue taroh Mark Zuckerberg. Cowok kelahiran New York ini merupakan pembuat situs network fenomenal, Facebook. Kalo ditilik dari latar belakang pendidikan, gue gak kaget ni orang bisa sukses di dunia maya. Asal tau aja nih, doski ngambil jurusan IT di Harvard. Dari remaja, ni bocah ternyata emang udah jenius. Dia mulai doyan bikin program komputer, ama game waktu masih duduk di bangku SMP. Dia merupakan pembuat software musik Synapse yang punya kepintaran mengetahui kebiasaan si pemakai software dalam mendengarkan musik. Synapse sendiri sempat mau dibeli Microsoft ama AOL. Tadinya si Mark juga mau sekalian direkrut ama Microsoft, tapi akhirnya Mark lebih milih ngelanjutin pendidikannya di Harvard. Mark nge-launching Facebook dari kampusnya pada tanggal 4 Februari 2004. Facebook sendiri awalnya dibangun sebagai wadah komunikasi anak-anak Harvard secara online. Tanpa dinyana-nyana, kehebatan situs ini kemudian terdengar sampe ke kampus-kampus lain. Udah deh, seluruh mahasiswa/i seantero Amrik lantas gabung ama Facebook. Sekarang, gak cuma mahasiswa/i Amrik, seluruh orang di seluruh dunia, gak peduli dia mahasiswa ato bukan, ikutan gabung ama Facebook. Dan sekali lagi Microsoft dibuat terkagum-kagum ama prestasi Mark. Akhirnya Microsoft pun berhasil ngebeli 1,6% saham Facebook sebesar $240 milion. Padahal Google juga mau beli dengan harga yang sama. Tapi Mark mutusin cuma satu aja yang berhak ngebeli sahamnya. Satu kata aja: buset!

4. Alexander Levin

Umur: 24 tahun

Pemilik situs: Image Shack

Penghasilan dari situs: $50 Million

Alexander Levin

Gue yakin, lo semua pasti udah pernah pake layanan hosting gambar gratis dari Image Shack. Kalo ada yang belom pernah, wah… ketinggalan jaman banget deh. Soalnya, Image Shack tuh penyedia layanan hosting gambar paling populer saat ini. Menurut situs Marshable, Image Shack menempati 5 besar situs penyedia hosting gambar paling populer di dunia. Situs ini dirilis ama Alexander Levin pada November 2003. Menurut Whois Record, Levin mendaftarkan domain imageshack.us pada hari Rabu, 12 November 2003 jam 10 malam. Salah satu kehebatan situs ini dibandingin situs lain serupa adalah, kita gak perlu bikin account dulu untuk ngupload gambar. Di halaman depannya, kita bisa langsung nemuin tombol “Browse”, dan “Upload” dengan mudah. Mungkin itu salah satu hal yang bikin situs ini punya banyak penggemar tersendiri. Abis upload, kita bisa nemuin url gambar buat redirect ke postingan blog, ato background profil Friendster kita dengan mudah.

5. Ashley Qualls

Umur: 18 tahun

Pemilik situs: Whateverlife.com

Penghasilan dari situs: $4 Million

Bikin situs, keluar dari sekolah, beli rumah, dan jadi jutawan baru. Itulah yang dialamin ama cewek pembuat situs Whateverlife.com ini. Di usia yang sangat belia - Ashley memulai situsnya di umur 17 tahun - dia udah berhasil jadi full time netpreuneur, dan ngeraih pendapatan jutaan dollar. Apa isi dari Whateverlife.com? Situs itu berisi layout MySpace yang bisa didownload secara gratis. Mungkin itu kedengeran biasa-biasa aja. Lantas apa yang bikin situs buatan Ashley ini bisa sebegitu suksesnya? Hanya Tuhan yang tau jawabannya. Hehe. Yang jelas, situs ini berhasil mempesona ratusan cewek belia yang betah berlama-lama nongkrongin MySpace. Mungkin elo adalah salah satunya? Saat ini usaha Ashley semakin berkembang. Dia udah punya beberapa pegawai, dan beberapa situs lain yang gak kalah sukses. Salah satunya adalah majalah online yang ngejual wallpaper hand phone dengan harga super murah - berkisar 99 cent sampe 2 dollar aja. Gile bener ni anak! *geleng kepala*

Sebenernya masih banyak lagi pemilik situs sukses di bawah umur 30. Tapi Kang Adek takut postingan ini jadi kepanjangan banget kalo harus nulis semuanya. Jadi cukup segini aja untuk sekarang.

Dan akhirnya,Kang Adek juga pingin agar kang Adek dan seluruh blogger indo bisa sukses kayak mereka, Amien....


Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

2 komentar:

Arpan mengatakan...

Wah saya cuma bisa ngiler....

rudy mengatakan...

wooow ngilerrrr deh ,rasanya wong indonesia belum berhasil jebol dolar.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com