Kamis, 01 Januari 2009

Pria Gemuk Miliki Lebih Sedikit Sperma

. Kamis, 01 Januari 2009
/show.js">

Pria yang kegemukan tiga kali lebih mungkin untuk memiliki lebih sedikit sperma dibandingkan dengan pria dengan berat tubuh normal, demikian antara lain isi studi yang disiarkan di dalam jurnal Fertility and Sterility, yang dikutip oleh laporan media, beberapa waktu lalu.


Pria dengan bobot paling berat juga menghadapi resiko tiga kali lipat untuk memiliki sedikit sperma motil progresif, demikian temuan studi oleh Dr. Ahmad O. Hammoud dari University of Utah, Salt Lake City, dan rekannya.

"Ada hubungan kuat antara kelebihan berat badan serta kegemukan dan perubahan parameter sperma," kata Hammoud dan timnya.

Kegemukan mungkin merusak kesuburan pada pria, kata para peneliti tersebut, sementara peningkatan lemak tubuh dapat memberi sumbangan pada tingkat tertosterone yang lebih rendah dan tingkat estrogen yang lebih tinggi.

Untuk mengkaji bagaimana indeks massa tubuh (BMI) mempengaruhi kualitas sperma, mereka mengevaluasi 390 pria yang berusaha menjalani perawatan kesuburan dengan pasangan mereka selama kurun waktu dua tahun.

Sebanyak 24 persen pria memiliki berat normal, sedangkan 43 persen memiliki kelebihan berat badan, dan 33 persen kegemukan. Secara keseluruhan, 10.5 persen memiliki sedikit jumlah sperma.

Prevalensi jumlah sperma yang rendah muncul saat BMI meningkat; pria kegemukan 3,3 kali lebih mungkin untuk memiliki sedikit jumlah sperma dibandingkan dengan pria dengan berat normal.

Risiko memiliki sedikit jumlah sperma mobil progresif juga naik sejalan dengan BMI, pria yang sangat gemuk 3,4 kali lebih mungkin dibandingkan dengan pria bertubuh normal untuk memiliki sedikit jumlah sperma mobil progresif.

Pria yang bertubuh sangat gemuk juga 1,6 kali lebih mungkin dibandingkan dengan pria yang kelebihan berat badan atau dengan berat tubuh normal untuk memiliki persentase lebih tinggi sperma yang berbentuk tidak normal.

Kenyataan itu membuat lebih mungkin bahwa kelompok studi tersebut memiliki kualitas sperma yang lebih buruk dibandingkan pria pada umumnya, kata Hammoud dan rekannya

Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Klo yg di maksud cowok gemuk itu,dr berat bdn brp kilo yah? tolong dong kasih tau...soalnya suami ku lumayan gendut!!

Kang Adek mengatakan...

Kalo yang dianggap gendut itu adalah relatif ya... Bisa dihitung dari berat badan idela seseorang gitu...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com