Rabu, 11 Februari 2009

Indonesia, Negara Terkaya ke 6 se Dunia

. Rabu, 11 Februari 2009
/show.js">

Ternyata, potensi tambang di Indonesia menempati urutan ke 6 yang paling kaya. Namun dari segi kebijakan dan pemanfaatannya Indonesia nomor dua paling bawah, sedikit di atas Zimbabwe. Ini merupakan hasil penelitian Fraser Institute tahun 2008.


Daya tarik Indonesia di mata investor menempati ranking ke 62 dari 68 negara, sementara Brasil menduduki ranking 39.

Namun, lanjutnya, mengapa Indonesia tidak maju?. Sementara meskipun tidak se-kaya Indonesia sumber daya alamnya, tetapi beberapa negara justru lebih dikenal maju industri pertambangannya seperti Australia, Brasilia, atau Afrika Selatan.

Dari segi statistik, lanjutnya, ada sekitar 200 lebih perusahaan tambang yang beroperasi di Indonesia

Hasil penelitian di 68 negara itu menyebutkan ada persoalan administration uncertainty (ranking 57), environment regulations (42), legal uncertainty (57), forestry uncertainties dari segi natural parks (50), mineral prospect dari segi existing climate (ranking 48 dari 68 negara).

Banyak kalangan menganggap sumber daya mineral disimpan sekarang untuk anak cucu nanti. Tetapi menurutnya, pada batas tertentu itu benar. Namun, kalau tidak dimanfaatkan sekarang, generasi seperti apa yang diharapkan muncul pada masa mendatang. Karena komoditi mineral seperti komoditas lain. Hari ini laku, tetapi belum tentu laku di masa mendatang.

Begitu juga hari ini tidak laku, belum tentu di masa depan sumber daya mineral ini tidak laku. Komoditas ini mengikuti hukum ekonomi dalam hal penawaran dan permintaan.


Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

3 komentar:

faris ! mengatakan...

yeadhi , yeah yeah

icha mengatakan...

MASA SICH INDONESIA negara terkaya http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/7.gif
aku jadi bingung nih

astuti mengatakan...

haiyo,,,,wong pejabate akeh sing korupsi,,ora kober mikir rakyate,,,turgekno,,,indonesia ora gelem mandiri,,coba tambange dikelola dewe,,mesti paling sugih sak donya.....http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/4.gif.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com