Sabtu, 27 Desember 2008

Format E-Mail Bebas Virus

. Sabtu, 27 Desember 2008
/show.js">

Salah satu cara penyebaran virus yang paling efektif adalah melalui e-mail. Si pembuat virus cukup melepas e-mail yang berisi virus ke beberapa e-mail target dan e-mail virus akan menyebar secara otomatis ke seluruh alamat e-mail yang e-mail yang terdapat dalam address target book. E-mail bervirus ini nantinya akan terus menyebar dari satu alamat e-mail ke puluhan atau ratusan alamat e-mail lainnya.


E-mail e-mail bervirus semacam itu biasanya menyertakan file attachment yang akan menjangkiti komputer apabila si pemilik e-mail membuka file yang disertakan. Untuk itu, pengguna dapat memblokir seluruh attachment e-mail yang berpotensi mengandung virus.

Teknik perusakan PC tidak hanya melalui file attachment saja. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan kemampuan pengiriman e-mail dalam format HTML. Dengan format ini, e-mail yang dibuka akan secantik halaman web, karena pengirim e-mail dapat menyertakan gambar, suara, script, dan sejenisnya ke dalam badan e-mail. Kemampuan inilah yang sering dimanfaatkan penyebar virus dengan menambahkan script script “nakal” yang bisa mengeksploitasi PC di dalam e-mail yang dikirim.

Dengan teknik perusakan ini, pemblokiran attachment tidak akan menolong. Satu satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memblokir e-mail berformat HTML dan mengkonversinya menjadi plain text. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Jalankan Windows Mail melalui menu [Start] > [All Programs] > [Windows Mail].

2. Klik menu [Tools] > [Options...]

3. Pada jendela Options yang baru muncul,klik tab [Read]

4. Berikan tanda cek pada checkbox [Read All messages in Plain Text]

5. Klik [OK] untuk menutup jendela options.

Saat ini Sampeyan tidak akan menerima lagi e-mail dalam format HTML. Semua pesan akan terkonversi murni menjadi teks murni.


Related Posts by Categories



/show.js">

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com