Sabtu, 27 Desember 2008

Uji Keamanan Akses Internet

. Sabtu, 27 Desember 2008
/show.js">

PC berkomunikasi ke dunia luar melalui port. Tiap komputer terdiri atas 65535 port. Sampeyan dapat membayangkan port ini sebagai kotak surat. Tiap kotak surat memiliki alamat yang berbeda beda. Apabila sebuah program ingin mengirim data ke komputer lain, ia harus mengirimnya ke melalui nomor yang spesifik. Kemudian, komputer yang menerimanya juga harus menjalankan program yang telah diatur untuk menerima data dari port yang telah ditentukan. Dengan demikian, data yang dikirim tadi dapat dibaca oleh komputer lainnya.


Dalam dunia nyata, prosesnya tidak sesederhana itu,. Kondisi port yang “terbuka”, justru dimanfaatkan para hacker untuk melakukan akses ilegal terhadap PC Sampeyan . Untuk itulah dibuat firewall. Firewall berfungsi menutup port yang tidak digunakan dan mengontrol penggunaan port aktif dari orang yang tidak ber hak
Setelah menginstal dan mengonfigurasi firewall, apakah PC Sampeyan sudah aman? Jangan yakin dulu sebelum Sampeyan mengujinya. Lakukan langkah berikut untuk menguji seberapa tangguh PC Sampeyan
1. Buka http://www.grc.com/x/ne.dll?bh0byd2
2. Setelah halaman web terbuka, klik tombol [proceed]
3. Klik link [All Service Port] untuk memulai scan
4. Tak lama kemudian, akan muncul jendela yang menguji tingkat keamanan PC Sampeyan. Jika tersedeteksi baik, maka akan muncul blok berwarna hijau atau biru. Namun jika ditemukan adanya port yang terbuka dan membahayakan, maka akan ditandai dengan warna merah.
5. Selanjutnya, lakukan tindakan konfigurasi pada firewall Sampeyan untuk menutup celah yang ditemukan.
Cara diatas sangat efektif jika Sampeyan ingin memindah PC pribadi. Jika kebetulan Sampeyan memiliki jaringan dengan jumlah komputer banyak lalu menggunakan trik diatas, tentu akan sangat merepotkan. Solusinya, gunakan software Axence Net Tools. Aplikasi ini dapat memindai semua port pada PC Sampeyan yang terhubung jaringan. Lakukan langkah langkah berikut untuk memindai jaringan Sampeyan:
1. Download dan instal Axence Net Tools di situs http://www.axencesoftware.com/index.php?action=FreeNT
2.Setelah Sampeyan men-download dan menginstal Axence Net Tools, klik tombol Start, ketik nettools pada kolom pencarian dan tekan enter.
3. Setelah NetTools terbuka, klik opsi [Scan Host]
4. Pada boks Address, ketik localhost. Jika Sampeyan ingin melakukan scanning terhadap komputer lain di dalam jaringan, ketikkan alamat IP-mya pada boks ini.
5. Atur port yang akan Sampeyan scan. Di NetTools Sampeyan memiliki lima opsi: Services, Ports (Well Known), Ports (Well Known extended), Ports (Range), and Ports (Trojans). Pilih Ports (Range) untuk memindai semua port.
6. Tekan tombol [Scan] yang terdapat di sebelah kotak alamat.


Related Posts by Categories



/show.js">

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah
PC gw aman
ijo semua :D
thanks tips nya :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com