Sabtu, 10 Januari 2009

Golf Rawan Rusak Gendang Telinga

. Sabtu, 10 Januari 2009
/show.js">

Anda gemar mengayunkan stik golf? Ada baiknya lebih berhati-hati. Hasil penelitian dokter di Inggris, olahraga kaum berduit itu bisa merusak fungsi indra pendengaran. Khususnya bagi pemakai stik titanium generasi baru bepermukaan tipis.


Stik jenis itu bila dipukulkan ke bola golf menghasilkan bunyi yang lebih keras daripada stik standar. Bila terus-menerus, itu sangat berbahaya bagi gendang telinga. Sebagai langkah antisipasi, dokter menyarankan para golfer menggunakan penyumbat telinga sebelum turun ke lapangan.

''Penelitian kami menunjukkan, pukulan stik titanium bepermukaan tipis menghasilkan bunyi lebih melengking yang mengakibatkan kerusakan gendang telinga temporer, bahkan permanen,'' kata dokter spesialis THT Malcom Buchanan, ketua tim peneliti.

Riset pengaruh bunyi pukulan stik terhadap indra pendengaran itu bermula ketika dia menangani kasus yang menimpa pegolf berusia 55 tahun. Pria tersebut biasanya bermain menggunakan stik titanium King Cobra LD tiga kali seminggu selama 18 bulan terakhir. Kepada dokter, pria itu bercerita tentang bunyi memekakkan ketika stiknya memukul bola. ''Seperti suara letusan senjata,'' ujarnya.

Tim dokter lalu meneliti sejumlah pegolf profesional. Mereka diminta memukul bola golf dengan stik King Cobra, Callaway, Nike, dan Mizuno. Seluruh stik keluaran produk tersebut ternyata menghasilkan bunyi lebih keras daripada stik-stik standar. Yang paling berbahaya adalah stik Ping G10, menghasilkan bunyi di atas 130 desibel.

Hasil itu sejalan dengan beberapa komentar pegolf yang ditampilkan dalam web pribadi dokter. Salah seorang pegolf mengungkapkan,''Teman saya sampai gila rasanya mendengar suara 'bang'.''

Lainnya berpendapat,''Bunyinya bukan 'ting', tapi sangat bising dan bergetar.''

Menurut Martin Strangwood, pakar perlengkapan olahraga dari University of Birmingham, perusahaan produsen stik golf itu memang sengaja meluncurkan produk yang menghasilkan bunyi unik.

''Memang ada tendensi untuk membuat booming stik bagi pegolf. Bila terjadi masalah, gampang saja mengatasinya. Isilah kepala stik itu dengan busa, suaranya pasti berkurang,'' paparnya.

Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com