Minggu, 18 Januari 2009

Google Usir 100 Karyawan dan Menstop Berbagai Layanannya

. Minggu, 18 Januari 2009
/show.js">


Seperitnya, perusahaan internet terbesar di dunia, Google, tidak kebal terhadap efek krisis finansial. Selain mengumumkan bahwa mereka berniat memberhentikan 100 orang, mereka juga akan memberhentikan beberapa layanan seperti Notebooks, Google Catalogs, Dodgeball, Google Video, Google Mashup Editor, dan Jaiku. Status dari layanan-layanan di atas adalah:


  • Jaiku kini tengah dimigrasikan ke Google App Engine dan akan dirilis sebagai proyek open source di Google Code. Walaupun Google tidak akan terus mengembangkan Jaiku, layanan ini tetap akan online.
  • Dodgeball yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan informasi lokasi mereka melalui SMS akan diberhentikan dalam beberapa bulan mendatang.
  • Mashup Editor yang masih berada dalam tahap beta privat akan digantikan oleh Google App Engine
  • Google Notebook tetap akan dapat dipakai, tetapi tidak akan menerima pendaftaran pengguna baru. Extension browser Notebook juga sudah tidak akan dapat dipakai lagi. Google menyarankan penggunaan SearchWiki, Google Docs, Tasks di Gmail dan Google Bookmarks sebagai gantinya.
  • Catalog Search pada awalnya dibuat untuk mendemonstrasikan teknologi Optical Character Recognition, tetapi kini mereka sudah lebih banyak mengembangkan Book Search.
  • Google sudah menghentikan fitur upload ke Google Video dalam beberapa bulan terakhir, walaupun pengguna masih diperbolehkan menonton video yang sudah berada di server Google. Dihentikannya layanan ini sebenarnya memang sudah diprediksi sebelumnya saat Google membeli Youtube

Sulit ditebak apakah Google akan memberhentikan layanan-layanan lain yang belum begitu mapan dalam waktu dekat ini. GrandCentral yang diakuisisi Google tahun lalu sampai sekarang masih belum dibuka untuk publik, selain itu Google Knol yang dibuat Google untuk menyaingi Wikipedia juga ternyata tidak begitu populer. Apakah layanan-layanan ini akan ikut ditutup?


Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

4 komentar:

rio2000 mengatakan...

Krisis gombal... eh global melanda semua... indonesia akan segera merasakan dampaknya......

Anonim mengatakan...

:D waduh..

Anonim mengatakan...

:((

Anonim mengatakan...

hehe ga ngerti ah :d ;;)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com