Jumat, 13 Maret 2009

Jurusan Paling Berprospek Dalam Beberapa Tahun Ke Depan

. Jumat, 13 Maret 2009
/show.js">

Sekarang, sedang booming nya ujian ujian masuk perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, Sudah banyak yang membahas tentang tips tips agar lolos ujian, tetapi, dalam kesempatan kali ini saya akan menelaah tentang prospek beberapa jurusan, yang mungkin (jangan) dijadikan pedoman bagi Sampeyan untuk memilih jurusan


1. Sampai saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan.Pembukaan lapangan baru di Cepu dan Ujung pangkah serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi). Jangan lupa, jurusan2 itu masih sangat sedikit. Sementara kebutuhan banyak. Mau anda lulusan Minyak ITB, Trisakti atau UPN ‘V’ Yogya, anda akan tetap dibutuhkan. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Untuk Geologi dan Geofisika peluang lebih besar lagi. Geologis Indonesia saat ini sedang diburu untuk mengisi kekosongan di Timur Tengah.Mengapa?? Sejak isu teroris muncul, ekspatriat dari Barat tidak berani lagi kerja di TimTeng. Alhasil mereka kekurangan Drilling engineer. Nah, berhubung track record geologis Indonesia cukup hebat, mereka mengalihkan pandangan ke indonesia. Permintaan sangat besar. Gaji?? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai pensiun anda.
Pembukaan lapangan batubara juga membuat peluang lulusan pertambangan ckup besar. Hanya saja, lulusan tambang cukup besar sekitr 2000 setiap tahun. Anda harus masuk 4 tambang pilihan yaitu Teknik Tambang ITB, Unsri, Trisakti, dan UPN ‘V’ Yogya untuk sedikit memberi kepastian masa depan. Setahu saya, Tambang ITB 50% sudah dipesan sebelum lulus (data tempo 2007, komentar dari pak rektor itb). Dan ini beneran. Di UPN Yogya, jika anda 5 besar lulusan terbaik di Minyak dan tambang,kerjaan sudah menanti (tapi ya tetep harus berusaha, ini cuma data dari beberapa alumninya upn). Sekali lagi, kebutuhan banyak lulusan sedikit. Cuma, kuliahnya berat banget. Di Geologi UGM ospeknya 1 semester lamanya. Tiap sabtu sore disuruh lari muter fakultas berkali-kali. Kuliah lapangan naik gunung dan ke pantai Tertarik??

2. Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo yang dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi berprospek cerah. Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi. Catat : Teknik Sipil masih sangat prospektus!! Hanya saja yang perlu diingat, penghasilan di kontraktor tidak terlalu besar. Setara dengan PNS golongan 4A.

3. Telekomunikasi. Dijamin, bidang Telkom sangat prospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro konsentrasi Telekomunikasi. Elektro telekomunikasi terbaik masih dipegang STT Telkom dan ITB. UI, UGM dan ITS juga cukup bagus.

4. Pemerintah mecanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang. jika 1 PLTU berkapasitas 300 MW maka dibutuhkan 30 engineer pembangkitan maka akan ada lowongan untuk sekitar 1000 engineer pembangkitan dari jurusan Teknik Elektro konsentrasi Power, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Gaji besar. Sangat prospek!!

5. PLTU bukan cuma operasi tapi juga konstruksi. Kerjaan lagi buat Elektro, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Teknik kimia juga terlibat.

6. Pengembangan Energi Terbarukan butuh banyak insinyur.
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) : Teknik Sipil
PLT Mikrohidro : Teknik Sipil, Teknik Fisika
PLT Matahari, Angin : Teknk Fisika dan Teknik Mesin
PLT Biodiesel dan Bioethanol : Teknologi Pertanian, Teknik Kimia
PLT Panas Bumi : All engineering
Ingat bidang energi : Gaji besar !!

7. Teknologi Informasi. Jelas, kita butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. Tenang, lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. Terlebih lagi, kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web. Rate cukup tinggi, di Jogja rate untuk pembuatan web full sekitar 2,5 juta sampai 3 juta. Ini belum ditambah maintanance. Peluang lebih besar jika anda menguasai Linux, karena sekarang banyak instansi beralih ke Linux. Tips, terus update kemampuan. Yang sangat prospek saat ini dot net developer.

8. Petrokimia. Teknik Kimia masih terus berjaya. Yang recommended, UGM, ITB, UI, UNDIP, dan ITS.

9. Teknik Nuklir. Ingat, PLTN segera dibangun.

10. Bidang kedokteran
Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja dibutuhkan 2000 perawat Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi. Ini peluang yang bagus. Kebidanan?? Jangan salah, saya justru sangat merekomendasikan jurusan ini. Setahu saya, tidak ada Bidan yang tidak kaya alias lebih dari cukup. prospek jelas bagus.

11. Jurusan-jurusan desain (Diskomvis, Interior, dll)
Dijamin prospeknya bagus banget. Teman2 saya yang masih kuliah aja udah pada dapet kerjaan…
Ingat, terbaik masih di UK Petra Surabaya dan ISI Jogja. Tapi kabarnya ITB mulai menyusul…

12. Kartografi dan penginderaan jauh
Jangan meremehkan jurusan ini, diam2 jurusan ini punya prospek sangat bagus

13. Teknik Industri dan Teknologi Industri Pertanian. Kedua jurusan ini sebenarnya mirip. Kurikulum juga hampir sama. Keduanya masih sangat bagus prospeknya. TApi sekali lagi, mereka bukan bagian exact engineering. Sangat bagus jika kemampuan kmunikasi dan bahasa anda latih sebaik mungkin jika anda masuk jurusan ini. Kemampuan teknis tidak banyak dibutuhkan (maksudnya engineering ability). Beberapa perusahaan yang engineering banget dan tidak jualan produk jarang yang mencari lulusan industrial technology. Kakak saya yang kerja di perusahaan gas & minyak mengatakan kalo semua teknik bisa masuk ke pershaan tersebut kecuali industri dan arsitek.Jadi, kalo mau masuk jurusan ini. Segera latih kemampuan komunikasi. Pas kuliah, kalau mau berkarir di perusahaan, arahkan pandangan ke perusahaan2 consumer goods macam Unilever dll. Jangan yang engineering macam tambang dan konstruksi. Peluang tetap ada tapi tak sebesar di consumer goods, dealer (Astra, sun motor dll). Sense of design juga penting untuk dilatih. Karena selain bagian produksi dan marketing,tata letak pabrik juga sering menjadi bagian kerjaan teknik industri


Mungkin ‘investigasi’ saya kurang valid. Tapi kebanyakan saya dapatkan dari membaca website yang membahas tentang prospek jurusan. . Semoga bisa sedikit membantu teman2 dalam memilih jurusan untuk bidang science. Sekali lagi, ini bukan tulisan ilmiah, cuma hasil ngobrol ngalor-ngidul dengan yang sudah berpengalaman. yah, hasilnya saya tuliskan disini. Anda percaya ?? Saya harap bisa membantu. Tidak percaya ?? Jadikan sebagai bahan bacaan aja. okey !!

Sumber : fathonezic.wordpress.com

Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

29 komentar:

Anonim mengatakan...

dulu gua pernah baca di blog orang kalo geodesi dan geomatika adalah jurusan asal-asalan yang ga berprospek.

buktinya jaman sekarang ga ada lapangan kerja yang ga pake lulusan dari jurusan tersebut. sayang di atas cuma dibeberkan mengenai kartografi dan pengindraan jauh. itupun cuma 1 kalimat. padahal semua prospek yang ada di atas terutama mengenai perminyakan dan pertambangan, harus ditangani oleh lulusan geodesi dan geomatika. walaupun mungkin hanya pada tahapan pra-proyeknya.

faris ! mengatakan...

wew , visioner
yeadhi

Anonim mengatakan...

mas boeh nyebarin nih tulisan ga.
keren nih wacananya

psd-tutorial.com mengatakan...

menurutku sih jgn terlalu bargantung ama jurusan yang diambil pas kuliah ya, soalnya banyak banget org yang berpenghasilan gede, namun bidang yan dikerjakan bukan bidang yang mereka ambil pada waktu kuliah...

erick yoku mengatakan...

emang gak valid kok... apalagi klo kmu naruh yang namanya perminyakan di urutan paling atas...

minyak khan tuch SDA yg gak bisa diperbaharui...
klo dah habis mau dikemanakan org2 yang punya skill ma pengetahuan ttg perminyakan ??

ke langit ke 3 yach ??

Tomi mengatakan...

Info yg bagus.. :D
kebetulan SAya anak SMK. . .

CHIKO mengatakan...

Wahh kebetulan banget saya anak Geologi UPN "V" Yogya.. Mudah-mudahan prediksinya benar hahahahha

mbahmul mengatakan...

mantap.. Gue mau nambahin niy. Jurusan " Blogger" Cari duit langsung...

minova mengatakan...

makasih y tas info nya,,,
nie pengen tanya tentang stan..//
prospek kerja stan apkah masih bagus??
teruss pa sih artian stan skrang tdk iktan dinas tu

amuba mengatakan...

http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gif
http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gif

Anonim mengatakan...

apapun jurusannya minumnya teh botol sosro.

yg penting usaha dan doa

Tongkonan mengatakan...

Bagaimana dgn blogger atau bisnis online? Saya sedang kuliah jurusan arsitektur tapi akhir2 ini saya lebih tertarik ke dunia online (bisnis online).

Anonim mengatakan...

kok pertanian gak masuk ya??
klo ga da jur pertanian, ga da makanan donk.. pd kelaparan donk..

wahyu mengatakan...

ga penting kuliah...mendingan jadi enterpreneur alias pengusaha..kerja ga tergantung sama orang lain. ga makan gaji..
Jadi karyawan terus kpn cepat kaya??? cape deh... :))

The Pioner mengatakan...

ya yang mana aj yang penting bisa bermanfaat bagi orang lain aj....dan berkontribusi bagi negari kita tercinta...!!!

The Pioner mengatakan...

ya apaun jurusannya yang pentimg mah jangan lupa ma daratan aj ntr klo udah jadi orang suksesnya, terus lah berkontribusi pada negara.....!!!

brian may mengatakan...

Vivat Gelologi (baca geologi)!!
Ujung tombak migas tu gelologi.

Kuli Petrobras

RazoJr mengatakan...

Topik yang ternyata menarik.... RazoJr Malaysia.

Anonim mengatakan...

uraiannya bagus juga, tapi g d jurusan yang g berprospek, yang penting kulianhnya bener n sesuai denga bakat n minat.

juLion mengatakan...

wahaha, STT Telkom no1 telekomunikasi toh..

gile2...

Anonim mengatakan...

manis dibibirr...

Anonim mengatakan...

yah mudah2an aj bner,geologi ntuh pros kerjny bgs soalnya gw jga geology gtu....

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

Jurusan komputer kayanya berprospek.. tapi kalo banyak lulusannya nanti jadi komoditi juga.. sama dengan yang lain.

Anonim mengatakan...

mas legh minta saran kgak ???

IPS bagusnya ambil apa yach? gw pinter di bidang itungan" cuma nasib aja guru metik paz di klz 1 sentimen ma gw di tidak luluskan nilai saiia T_T

joni mengatakan...

teknik fisika adalah bidang ilmu keteknikan yang sangat luas,,sehingga bidang pekerjaanya jga luas,mulai dari Telekomunikasi, Industri proses, petrokimia, minyak dan gas, energi, industri elektronika, teknologi informatika, kedokteran, pengendalian satelit dan peluru kendali, NASA, kontraktor bangunan, departemen energi, departemen pekerjaan umum, BATAN, departemen komunikasi dan informasi, kontraktor migas dan telekomunikasi, EPC, Konsultan umum dan migas, dosen di semua bidang teknik dll..

sumi mengatakan...

apakah lulusan SMK jrusan komputer jaringan berpeluang kerja utk masa mendatang???perlu kuLiah dlu gak ya???

edi mengatakan...

yang pentik otak jenius. skil , ketepatan, tanggung jawab ,, kebanyakan orang bekerja tak sesuai dengan jurusan saat kuliah tapi ia bisa mempunyai gajih yg besar yg bisa mengangkat derajatnya , =))

geodet mengatakan...

"Setahu saya, Tambang ITB 50% sudah dipesan sebelum lulus (data tempo 2007, komentar dari pak rektor itb)"

nggak seperti itu juga..nggak semua lulusan ITB kayak gitu..
misal, angkatan Tambang 0X yang jumlahnya 80 orangan lebih..palingan cuma 5-10 orang yang udah "dipesan"..oya, mungkin bisa digaris bawahi, bukan "dipesan", tapi udah "ngelamar" duluan sebelum lulus, ikut tes dan lulus, dan jarang mahasiswa dipesan perusahaan, dimana-mana mahasiswa yang apply pekerjaan..

boomber mengatakan...

klu jurusan seni musik masih ada peluang utk kerja yah broo?????

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com