Minggu, 28 Desember 2008

Ampun, Bencana Dahsyat Ancam Asia

. Minggu, 28 Desember 2008
/show.js">

Wilayah Asia Pasifik terancam bencana maha dahsyat yang bisa menyebabkan korban hingga satu juta orang. Indonesia, Philipina dan China merupakan negara yang paling rawan.


Koran Sydney Morning Herald melaporkan gempa dan tsunami akan terjadi beberapa tahun mendatang, karena naiknya populasi dan perubahan iklim.

Ilmuwan Australia sudah menganalisa kemungkinan gempa bumi, puting beliung, tsunami dan gunung meletus di wilayah itu.

Penelitian itu juga mendapati, kota di wilayah sabuk Himalaya, China, Indonesia dan Philipina rawan terkena gempa bumi, dimana korbannya bisa mencapai satu juta orang.

Indonesia dan Philipina rawan ledakan gunung berapi. Sedangkan negara yang berada di wilayah rendah seperti Bangladesh dapat diserang tsunami, banjir dan puting beliung.

Ilmuwan Australia, Alanna Simpson mengatakan analisis dari data kejadian alam selama 400 tahun dilakukan untuk memprediksi seperti apa kondisi alam di masa mendatang.

"Peristiwa bencana alam semacam gempa bumi, ledakan magma dan sejenisnya, tidak pernah berubah. Bertambahnya populasi di wilayah Asia-Pasifik menjadikan semua gempa bumi akan mengancam ratusan ribu orang bahkan jutaan,” kata Simpson.

"Jika kita bekerja di salah satu wilayah Alaska, misalnya longsoran magma terjadi setiap 100 tahun. Tapi dampak kejadian itu sangat kecil karena tidak ada yang tinggal di wilayah itu, tapi jika hal itu terjadi di Jawa akan memberikan dampak besar," tambahnya.

Related Posts by Categories



/show.js">

1 komentar:

Erik mengatakan...

Semoga kita bisa mempersiapkan diri dan hati dengan sebaik baiknya.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com