Selasa, 06 Januari 2009

Dampak Globalisasi terhadap Nasionalisme

. Selasa, 06 Januari 2009
/show.js">

Munculnya globalisasi tentunya membawa dampak bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Dampak globalisasi tersebut meliputi dampak positif dan dampak negatif di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan lain- lain akan berdampak kepada nilai- nilai nasionalisme terhadap bangsa.


Pengaruh positif globalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme

1. Dilihat dari globalisasi politik, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jika pemerintahan djalankan secara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat.

2. Dari aspek globalisasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.

3. Dari globalisasi sosial budaya kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa.

· Pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme

1. Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang

2. Dari globalisasi aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald, Coca Cola, Pizza Hut,dll.) membanjiri di Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia.

3. Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.

4. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin, karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan antara yang kaya dan miskin yang dapat mengganggu kehidupan nasional bangsa.

5. Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa.

Pengaruh- pengaruh di atas memang tidak secara langsung berpengaruh terhadap nasionalisme. Akan tetapi secara keseluruhan dapat menimbulkan rasa nasionalisme terhadap bangsa menjadi berkurang atau hilang. Sebab globalisasi mampu membuka cakrawala masyarakat secara global. Apa yang di luar negeri dianggap baik memberi aspirasi kepada masyarakat kita untuk diterapkan di negara kita. Jika terjadi maka akan menimbulkan dilematis. Bila dipenuhi belum tentu sesuai di Indonesia. Bila tidak dipenuhi akan dianggap tidak aspiratif dan dapat bertindak anarkis sehingga mengganggu stabilitas nasional, ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

17 komentar:

Anonim mengatakan...

Dari aspek globalisasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.

Kalau dilihat di Indonesia masih belum ini mas, bahkan rasanya kesempatan kerja tambah menurun dan devisa negara tambah berkurang. Entah kenapa. Dan untuk menunjang kehidupan rasanya masih tidak mungkin. Yang paling bermasalah adalah pajaknya itu.

Anonim mengatakan...

Ya memang,, Kalo di Indonesia, menurut Kang Adek lebih terasa dampak negatifnya dulu...

Anonim mengatakan...

tolong donk setiap hari kirimin info tentang pa ja mengenai globalisasi

cutez_rival@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

cuma mau bilang makasih alnya mas udah bantu aku ngerjain makalah sekolah.
thx so much.

Anonim mengatakan...

menurut saya itu memang benar terjadi tetapi tidak nyata adanya.

seperti orang- orang yang mulai melupakan nilai- nilai moral yang dari dulu sudah ada, tetapi begitu saja dilupakan seperti tidak pernah terjadi.

Anonim mengatakan...

:)

Anonim mengatakan...

makasih yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...........:D

Anonim mengatakan...

dampak globalisasi membuat masyarakat semakin sulit untuk memenuhi ekonominya.

Anonim mengatakan...

memang bnar ch yang anda ktakan

Anonim mengatakan...

bagaimana ya mengatasi global........http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/1.gif

reza_genius@rocketmail.com mengatakan...

dampak globalisasi sangat menjadi dilema dikalangan masyarakat bawah, sungguh tidak tersingkronisasi dengan masyarakat kalangan menengah, alias, yang miskin makin miskin, yang kaya makin..makin kaya...!!!

Adhitya Prasetyo mengatakan...

Thanks yaa ..
ngebantuu banget nii buat bkn makalah Pkn .

Aa mengatakan...

LebiH lengkap doNk..! Biar jelas..

Anonim mengatakan...

=)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

Anonim mengatakan...

thank you for helping me with my homework.....

Anonim mengatakan...

bisa minta dapusnya mas?
pengen nyadur nih.. :)

Anonim mengatakan...

ohoho~
terima kasih banyak!!!^^ :))

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com