Minggu, 11 Januari 2009

Tips Menurunkan Berat Badan

. Minggu, 11 Januari 2009
/show.js">

MENGAPA HARUS MENURUNKAN BERAT BADAN
Berat badan berlebih dapat menimbulkan berbagai masalah serius seperti terserang penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, darah tinggi, kesulitan bernapas saat tidur, kanker dengan beberapa tipe, osteoarthritis, sampai haid yang tidak teratur. Jika Anda peduli dengan kesehatan, ada beberapa cara awal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan, antara lain


· Pertama, pastikan kondisi tubuh Anda, tergolong dalam kelompok underweight (kekurangan berat), normal, overweight (kelebihan berat badan) atau obesitas. Berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu.

· Kedua, perhatikan kebiasaan makan dan aktivitas fisik. Buat daftar makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Tujuannya agar dapat diketahui pola makan dan kandungan kalori yang masuk.

· Ketiga, tetapkan perencanaan secara lebih spesifik saat memilih makanan dan aktivitas fisik. Hal ini bisa dimulai dengan cara mendisiplinkan diri sendiri.

· Keempat, jalankan rencana yang telah Anda buat, dan tetaplah berpatokan pada rencana tersebut.

Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi untuk menetapkan cara atau pola makan terbaik. Tidak ada salahnya meminta bantuan teman atau keluarga terdekat untuk mendukung program yang Anda buat. Tetapi, tetap ingat bahwa tanggung jawab atas kesehatan Anda, tetap berada pada diri Anda sendiri.

LANGKAH LANJUTAN YANG TEPAT
Anda mungkin sadar banyak sekali buku-buku yang mengulas cara menurunkan berat badan, programprogram diet disebar hampir di setiap klinik kesehatan, dan berbagai produk penunjang diet yang dijual di setiap supermarket. Di tengah banyaknya pilihan tersebut, yang harus Anda lakukan adalah menemukan program yang tepat dan terbaik untuk Anda serta tetap disiplin saat menjalankannya. Peran dokter akan sangat Anda butuhkan untuk menetapkan pola yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan. Jika Anda ingin melakukannya tetaplah untuk berpatokan pada:

· Jangan mencoba membuat perubahan terlalu besar dan dramatis dalam waktu semalam. Jika Anda berharap mendapatkan hasil yang terlalu besar dan terlalu cepat, percayalah, Anda akan kecewa.

· Tempatkan pola pikir sederhana dalam perubahan pola makan dan aktivitas. Cara ini akan mengurangi rasa keterpaksaan, dan mampu memotivasi Anda dalam waktu yang cukup lama.

· Turunnya berat badan bukanlah satu-satunya kesuksesan. Dengan meningkatkan aktivitas fisik, dan mengonsumsi makanan sehat Anda akan mendapatkan hidup yang lebih sehat, meski berat Anda tidak berubah.

MAKAN SECARA LEBIH BAIK
Pola makan yang tidak sehat adalah pencetus tren berat badan berlebih dan obesitas di Amerika. Saat ini, masyarakat Amerika mengonsumsi 23% gula lebih banyak dibandingkan tahun 1970. Dan, soft drink merupakan sumber utama bahan makanan yang banyak mengandung gula, namun sangat digemari. Pada tahun 2000, pengonsumsian lemak jauh lebih banyak dibanding tahun 1970, yaitu meningkat lebih dari 24%. Belum lagi ditambah bahan makanan lain yang dikonsumsi secara berlebih. Berdasarkan fakta tersebut lalu disebarkan panel yang berisikan saran dari sekian responden tentang cara atau pola makan yang baik, seperti:

· Makanlah di meja makan.

· Jangan makan sambil menyetir, nonton teve, atau sambil berbicara di telepon.

· Sisihkan piring begitu Anda merasa tidak lapar lagi. Jangan menunggu hingga perut benar-benar penuh untuk berhenti makan.

· Makanlah saat Anda benar-benar lapar, bukan karena Anda merasa bosan, tertekan, atau lelah.

· Jangan pergi berbelanja dengan perut kosong.

· Pilihlah jenis minuman yang tidak banyak mengandung kalori, seperti: soda diet, air putih, atau segelas susu rendah lemak.

· Bagi Anda yang tidak dapat melepaskan rasa manis dalam makanan, coba ganti gula Anda dengan gula campuran, atau mungkin pemanis yang rendah kalori. Pastikan pemanis itu sesuai dengan kebutuhan Anda.

· Cobalah mengganti roti tawar dengan roti gandum dan beras putih dengan beras merah, ayam goreng dengan ayam panggang atau kukus, jus buah kemasan dengan buah segar, dan kentang besar ukuran besar dengan kentang goreng ukuran yang lebih kecil.

· Baca label kemasan makanan yang Anda beli. Pilih makanan yang mengandung sedikit lemak dan kalori.

COBALAH LEBIH AKTIF
Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur mampu menjauhkan Anda dari beberapa jenis penyakit merugikan. Menjaga tubuh tetap sehat sangatlah penting, terlepas dari apakah Anda memiliki berat badan berlebih atau tidak. Tidak perlu mengubah gaya hidup secara drastis, karena hasilnya tidak akan sesuai dengan keinginan. Mengubah secara perlahan, jauh lebih meringankan dan menguntungkan dibanding dengan cara yang frontal.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan waktu olahraga 10 menit lebih panjang daripada yang biasa dilakukan. Sekadar mengingatkan saja, simpanlah remote control saat menonton teve, Anda bisa mengganti saluran dengan berdiri bangun dari sofa. Gunakan tangga untuk aktivitas naik-turun di kantor dibandingkan menggunakan elevator, atau, jika lantai terlalu tinggi, gunakan elevator dan turunlah satu lantai sebelum lantai Anda, gunakan tangga. Parkir mobil Anda agak lebih jauh, dan gunakan lapangan parkir sebagai arena "treadmill" hingga ke pintu kantor. Gunakan waktu sore hari dengan bermain bersama anak-anak di taman atau arena bermain. Saat menonton teve, lakukan aktivitas di atas treadmill atau sepeda statis. Mulailah memasang speedometer, untuk memastikan berapa langkah yang telah Anda buat hari ini, lalu tambahkan beberapa langkah keesokan harinya. Yang terakhir, jangan pernah malu untuk keluar berolahraga, meski itu hanya berjalan kaki berkeliling kompleks rumah. Sederhana namun bermanfaat, bukan.

Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com