Senin, 22 Desember 2008

Serbuan E-mail Spam Semakin Gencar

. Senin, 22 Desember 2008
/show.js">


Persentase jumlah e-mail berjenis spam meningkat signifikan di tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. Menurut laporan dari Symantec, di bulan Juli ini rata-rata 78% dari e-mail yang masuk adalah spam.


Symantec Web Messaging and Web Security menurunkan laporan terbarunya terkait dengan semakin gencarnya serangan e-mail spam. Pada bulan Juli kemarin, dari persentase Worldwide Internet Mail Gateway Spam didapat 78% e-mail yang masuk ke mail gateway dapat diklasifikasikan sebagai spam. Hasil ini meningkat dibanding persentase e-mail spam di bulan Juli 2007 sebesar 68%. Persentase ini didapat dari proses filtering e-mail pada layer SMTP di jaringan.

Dari segi isi, teknik sederhana mengeksploitasi rasa keingintahuan seseorang tetap menjadi cara yang paling banyak digunakan spammer untuk memikat pembaca e-mail. Judul subjek yang bombastis menjadi tali pancing bagi pembaca untuk membuka e-mail spam bersangkutan. Di bulan Juli ini, para spammer menggunakan tema-tema yang sedang naik daun seperti ketegangan AS-Iran, olimpiade Beijing, perseturuan calon presiden Obama dan McCain, serta Superfood sebagai bahan pancingan untuk pengguna agar membuka e-mail tersebut.

Jika dilihat persentase berdasarkan kategori, e-mail berkategori internet (web hosting, web design, spamware) menempati peringkat pertama e-mail spam dengan besaran 22%. Diikuti oleh e-mail spam produk (layanan jual-beli, gadget, pakaian) dengan 21%.

Kawasan Amerika Serikat tetap menjadi sumber utama asal muasal e-mail spam tersebut dengan persentase sebesar 27% dari keseluruhan spam yang masuk. Meskipun jauh tertinggal, e-mail spam dari kawasan Russia menyusul dengan besaran persentase 7%.

Di balik tema-tema memikat serta janji-janji menggiurkan yang ditawarkan e-mail spam tersebut, para spammer terkadang menggunakan metode phising dalam prosesnya. Tujuannya adalah mengirim program jahat seperti Trojan kepada pengguna. Selain dari itu, sejumlah e-mail spam juga bertujuan untuk menjaring data pribadi lewat form-form tiruan.]

Baca Juga:
Tertarik Kirim Pesan Dengan Alien?
Wow! Seorang Wanita Lahirkan 18 orang anak
Bersin? Mungkin Anda sedang Mikir Seks
Sinterklas Antar Hadiah dalam Semalam?
Piagam HKI, Jaminan Legalitas Perangkat Lunak

Chrome - Jawaban Google untuk Browser Masa Depan
Solusi Dongkrak kinerja Notebook
100 Freeware Terbaik

Related Posts by Categories



/show.js">

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com