Selasa, 23 Desember 2008

FRIENDSTER VS FACEBOOK

. Selasa, 23 Desember 2008
/show.js">

Meski sama sama social network, Friendster dan Facebook sama sama mempunyai karakter sendiri-sendiri, terutama untuk fitur yang diberikan pada user. Friendster dan Facebook sama sama mengacu pada kemudahan user untuk menjadi member baru.


REGISTRASI

Untuk form registrasi, Friendster dan Facebook sama sama memberi kemudahan. Hal ini dapat dilihat pada halaman depan Friendster dan Facebook dimana keduanya langsung memberi penawaran bagi yang belum menjadi member baru. Bila bisa dinilai pada step registrasi, Friendster dan Facebook, keduanya sama sama mengacu pada kemudahan user untuk bergabung didalamnya.

Score:

Friendster: 1 Facebok: 1

CISTOMIZE

Pada halaman bagian ini akan terlihat perbedaan antara Friendster dan Facebook. Pada Friendster, halaman depan sederhana dengan memberi pembagian segmen yang jelas. Bentuk informasi yang diberikan Friendster ini relative singkat dan cenderung menggunakan link.

Bila Anda bosan dengan tampilan default Friendster, Anda bisa melakukan editing untuk profile tersebut. Anda bisa mengubah dan mengganti tata letak serta pewarnaan dari halaman profile. Fitur CSS Friendster jelas lebih memanjakan user untuk membangun sebuah tampilan profile yang unik.

Sedangkan pada Facebook, halaman depannya juga memberi bentuk yang sederhana, bahkan cenderung lebih banyak teksnya dibandingkan dengan foto. Ukuran foto yang ditampilkan pun relative kecil, sehingga jelas terlihat kalau Facebook lebih mengumtamakan load pada halaman depan.

Untuk melakukan editing pada tampilan Facebook memang tidak semudah melakukan editing pada friendster. Artinya, pada Facebook, user “dipaksa” menggunakan tampilan default. Memang beberapa user biSA melakukan editing pada profile facebook, tapi tentu user yang berpengalaman.

Score:

Friendster :1 Facebook :0

Privasi

Privasi pada sebuah social network adalah hal yang mutlak. Seseorang biasanya enggan memberikan nama aslinya dan cenderung memberikan nama samarannya. Hal ini dimungkinkan karena sistem privasi yang kurang.

Pada Friendster, system privasi profile memang sudah ada, tapi ada beberapa data yang buisa ditampilkan, seperti nama, kota, atau alamat.

Sedangkan pada Facebook, privasi terbilang cukup bagus. Dengan fitur tawaran Privacy setting, memungkinkan user untuk mengeset siapa yang diperbolehkan mengakses informasi pada profile, dan siapa yang tidak. Mungkin hal ini yang menyebabkan banyak public figure yang nyaman memiliki account facebook dengan namanya sendiri.

Score:

Friendster: 1 Facebook: 2

Bagan komentar

Bagi yang sudah mempunyai Friendster, pasti sudah paham dengan yang namanya komentar atau dalam bahasa Friendster disebut testi. Pada bagian ini, Friendster masih dirasa sangat kurang karena tidak bisa menanggapi secara langsung komentar yang dituliskan orang lain. Apalagi, untuk sebuah komentar harus masuk seleksi terlebih dahulu sebelum ditampilkan pada profile.

Lain halnya dengan Facebook, dengan fitur News Feed dan Live Feed, user bisa melihat aktivitas apa saja yang baru dilakukan oleh seseorang di Facebook, Selain itu, satu komentar bisa dikomentari dengan rapi tanpa mengganggu komentar yang lainnya. Artinya, pemisahan untuk komentar ini cukup bagus.

Dari beberapa penilaian di atas memang facebook masih lebih unggul dibandingkan Friendster. Tapi penilaian di atas memang tidak mutlak, karena sebuah social network bergantung pada perilaku user itu sendiri. Facebook memang memiliki banyak fitur, tetapi saking banyaknya fitur yang disediakan, user jadi kurang bisa memaksimalkan fitur fitur tersebut. Berbeda dengan Friendster yang lebih mudah dipelajai.


Baca Juga:

Tertarik Kirim Pesan Dengan Alien?
Wow! Seorang Wanita Lahirkan 18 orang anak
Bersin? Mungkin Anda sedang Mikir Seks
Sinterklas Antar Hadiah dalam Semalam?
Serbuan Email Spam semakin Gencar
Piagam HKI, Jaminan legalitas Software
Chrome -Jawaban Google untuk Browser Masa Depan
Solusi Dongkrak Kerja Notebook
100 Freeware Terbaik
Microsoft Turut Ramaikan Pasar Keyboard
YouTube perketat Konten Dewasa

4 tool Gartis mengembalikan SMS yang hilang

12 Kesalahan Sehingga Blog di Jauhi Serach Engine


Related Posts by Categories



/show.js">

15 komentar:

alfiannoer mengatakan...

saya punya dua-duanya, namun saya lebih suka di facebook! Selain privasinya terjamin, juga orang2-nya yg join facebook itu beda banget! Karena menggunakan nama asli, jadi kita ngga nebak2 siapa nih!

alfiannoer mengatakan...

saya punya dua-duanya, tapi saya lebih suka facebook, selain karena privacy yang tinggi, juga kesannya beda gitu [karena orang2 yg join facebook itu lebih terbuka dan profesional]

Anonim mengatakan...

facebook lah...friendster sekarang udah banyak alay nya, males banget..di tambah facebook ada fitur live chatnya. pokoknya friendster kalah deh, dari traffic ranknya aja beda jauh bgt, facebook masuk 5 besar situs paling banyak dikunjungi di dunia, friendster mah tau keberapa.

Anonim mengatakan...

aku ra ngerti apik endi..
aku mung wong ndeso ra reti opo2
mung isone gawe virus, njeboli server,
ngenet gratis trus hal2 sing biasa dilakoni wong deso tok, tapi koyoe facebook lumayan drpd frstr sing terkesan dolanane cah cilik2

sariyatno mengatakan...

aq lebih suka pake facebook, karena facebook itu namanya harus nama asli, sehinnga qta nggak bisa dibohongi.
karena facebook aq jadi bisa ketemu temen lama q yang udah nggak ketemu sekitar 8 thn yang lalu.

Anonim mengatakan...

Cocok ke pesbuk bos..yg bikin gue seneng ya justru kesederhanaan tampilan dan memaksa user pake halaman propail setandar..tapi tertampil dengan cepat dan elegan, klo sudah terkostumais mungkin malah jadi norak..dan seandainya pesbuk memberi kesempatan itu gue langsung hapus akun gue di situ..

Anonim mengatakan...

saya cuman datang untuk main mafia wars di pace buk heuhuehehe =))

O |k A mengatakan...

kalau dari sisi pemrogramannya gimana?Kenapa facebook begitu fiturable dan interaktif daripada FS

Anonim mengatakan...

Dulu sih Friendster, sekarang Facebook. Mungkin FS udah nga masa nya lagi kali ya.

yeyen mengatakan...

orang indonesia cuma pinter analisa

Anonim mengatakan...

thx atas sharingnya mas.

anyway, ada perspektif lain juga yang menarik mengenai Facebook vs Friendster

di

http://red-iscover.blogspot.com/2009/04/friendster-vs-facebook.html


www.red-iscover.blogspot.com

ardianzzz mengatakan...

facebook berat banget laodnya, terlalu banyak ajax nya. friendster bisa dibilang udah ketinggalan jaman karena hanya aplikasi php biasa. yang jelas mendingan blogger deh

Anonim mengatakan...

perspektif ini menarik....saya tidak memilih facebook atau friendster karena dua2nya saya punya..

hm... kalo dari sisi pemrograman ..memang yang unggul facebook...kenapa?? karena sisi facebook udah terintegrasi dengan AJAX sehingga facebook lebih kelihatan interaktif..dari pada friendster karena friendster menggunakan php biasa mungkin ada fitur interaktif pada friendster ..tapi tidak sebanyak facebook....

kalo dari sisi sekurity memang banyak kita lihat dari friendster yang terkena defacce, fake karena masih ada celah2 yang bisa digunakan oleh cracker..tapi saya tidak yakin juga kalo facebook itu benar2 aman...

intruder, cracker, hacker.. selalu selangkah lebih maju dari suatu keamanan sistem yang di buat... oleh karena itu banyak orang yang mengatakan di dunia maya ga ada satu pun yang dapat dikatakan benar2 aman...

pada akhirnya memang facebook lebih unggul tapi bukan berarti kita menjelek2an suatu karya... pilihan memang bergantung anda tapi tidak untuk menjelekkan...

bagi anda yang menjelek2an friendster ..kalo disuruh buat web social network seperti itu ...belum tentu anda bisa membuatnya... berpikirlah dengan bijak kawan..okeh... sekedar saran :|

Anonim mengatakan...

Saya lebih suka GealGeol.com soalnya Indonesia banget gitu loh..

moratmarit mengatakan...

Klo aq lebih cenderung enakan Facebook, soalnya enak simple.Lam kenal..moratmarit

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com