Minggu, 21 Desember 2008

Bagaimana Peluang Kerja TI Saat Krisis Ekonomi?

. Minggu, 21 Desember 2008
/show.js">

Ekonomi kisruh, nilai dollar gonjang ganjing, pasar sepi. Akankah bursa kerja terkena imbasnya? Tak sedikit pekerjadi berbagai belahan dunia yang merasa panik, bahkan ada yang menyerah “kalah”.


Namun, mereka yang bekerja di bidang tekhmologi boleh bernafas lega karena secara keseluruhan sutuasinya masih lebih baik bila dibandingkan dengan jenis pekerjaan lainnya. Tapi bukan berarti orang TI kebal dari PHK lho. Artinya, masih banyak pilihan bagi pekerja TI, apalagi yang tinggal di kawasan asia – wilayah outsoucring untuk berbagai industri yang semakin banyak dilirik.
Berita buruknya adalah kenaikan gaji pekerja TI tidak akan sebesar yang dibayangkan dan tingkat stres justru meningkat. Untuk itu, disarankan para pekerja ini terus belajar dan memperkaya kemampuan diri dengan keahlian keahlian teknologi informasi yang banyak dicari.
Ada bidang bidang yang terbukti tidak tersentuh resesi, seperti wireless, VoIP, dan sekuriti. Jangan abaikan pula keahlian yang sekarang sudah jarang dimilikin pekerja TI masa kini, seperti Cobol, Java,.Net, atau open source.

Peluang OutSourcing

Dampak terberat krisis ekonomi global yang tengah melanda dunia saat ini paling dirasakan oleh oleh para pekerja TI di Amerika dan Eropa. Banyak pekerjaan pekerjaan yang dilempar ke negara negara lain, diotomatisasikan, atau ditangani oleh para konsultan.
Nah, di tahun 2009 nanti, boleh jadi pekerja TI di Asia –termasuk di Indonesia- justru akan menikmati limpahan pekerjaan dari benua lain. Infoworld dan ComputerWorld menelisik beberapa jenis pekerjaan di bidang teknologi informasi yang mungkin akan banyak di –outsource: application development (coding dan testing); pemeliharaan dan operasional datacenter; pemeliharaan dan operasional server;dan help desk support.
Beberapa pekerjaan lain akan mengambil model “in the cloud”(mirip mirip cloud computing), seperti pemeliharaan dan operasional data, pemeliharaan PC, dan backup serta disaster recovery. Sementara konsultan akan mengambil alih pekerjaan desain dan pengembangan web, pemeliharaan PC, Backup & disaster recovery, manajemen data center, manajemen proyek dan integrasi system.

Ahli Virtualisasi Akan Dicari

Apa kira kira pekerjaan di bidang TI yang masih berpeluang “hidup” tahun depan? Ada baiknya Anda memperhatikan juga keahlian keahlian apa saja yang bakal “survive”, keahlian baru yang bakal ramai dicari, dan keahlian lama yang masih tetap dibutuhkan.
Pekerjaan seperti IT administrator, help desk/IT support,coder/tester Java dan .Net masih tetap dibutuhkan dalam beberapa tahun kedepan. Kalau ingin mencoba lahan (dan tantangan) baru, persiapkan diri Anda untuk menguasai bidang virtualisasi server (terutama manajemen), teknologi kolabirasi (web 2.0), pengembang aplikasi internet dan mobile, support untuk cross platform, serta layanan Web/SOA.
Namun, ada pula keahlian lama yang masih diperlukan seperti keahlian bidang aplikasi, jaringan, dan service integration, manajemen TI berbasis ITIL, manajemen proyek,, serta business intelligence dan analytics. Dari sisi teknologi, keahlian di platform apa yang bisa membantu Anda mempertahankan pekerejaan? Masih Microsoft dan Java/Linux.
Nah, persiapkan diri Anda mulai dari sekarang untuk menghadapi segala kemungkinan. Bersikaplah fleksibel dan membangun jejaring seluas mungkin. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tren dan liatkemana “angin” bertiup. Terakhir jangan lupa belajar, belajar, dan belajar.

Baca Juga:
Tertarik Kirim Pesan Dengan Alien?
Wow! Seorang Wanita Lahirkan 18 orang anak
Bersin? Mungkin Anda sedang Mikir Seks
Sinterklas Antar Hadiah dalam Semalam?
Serbuan Email Spam semakin Gencar
Piagam HKI, Jaminan legalitas Software
Chrome -Jawaban Google untuk Browser Masa Depan
Solusi Dongkrak Kerja Notebook
100 Freeware Terbaik
Microsoft Turut Ramaikan Pasar Keyboard
YouTube perketat Konten Dewasa

Related Posts by Categories



/show.js">

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com