Selasa, 23 Desember 2008

Hati-hati Kecanduan Gula!

. Selasa, 23 Desember 2008
/show.js">

Tak hanya rokok yang bisa membuat Anda kecanduan. Ternyata sebuah penelitian membuktikan, kalau gula juga bisa menjadi candu bagi siapapun.


Gula ternyata bisa bertindak bak heroin. Gula bisa menjadi candu ketika pemakaiannya tidak tepat. Mengatasi kelaparan dengan mengkonsumsi gula merupakan awal terbentuknya perilaku kecanduan gula tersebut.

Hal itu dijelaskan oleh Bart Hoebel, seorang peneliti dari Universitas Princeton, Amerika Serikat. "Meminum air gula dalam jumlah yang banyak saat lapar dapat mengubah susunan saraf di otak," ujar Bart.

Penelitian yang dilakukannya memang dilakukan terhadap tikus. Namun, hal ini juga bisa diaplikasikan pada tubuh manusia.

Tikus kelaparan diberikan minuman bergula yang memiliki larutan serupa dengan soft drink. Hal itu dilakukan selama 12 jam per hari, tiga kali seminggu.

Hasilnya, tikus-tikus itu memilih untuk meminum air yang serupa dengan soft drink ketimbang makanan lain. Di situlah berbahayanya. Kebiasaan makan seperti itu mengubah saraf-saraf di otak tikus-tikus tersebut.

Setelah 3 minggu dilarang meminum larutan serupa, tikus-tikus tersebut menampilkan perilaku gelisah seperti seorang pecandu kehilangan morphinnya, atau seorang perokok kehilangan rokoknya.

Perilaku itu kemudian berkembang menjadi depresi dan rasa cemas yang tinggi. Bart pun menyarankan untuk selalu makan dengan komposisi yang seimbang. Karena ternyata, beberapa bahan makanan pun bisa mengakibatkan kerusakan saraf di otak. Pola makan sehat sangatlah dianjurkan untuk mencegah perilaku kecanduan gula ini.

Baca juga:
Tertarik Kirim Pesan Dengan Alien?
Wow! Seorang Wanita Lahirkan 18 orang anak
Bersin? Mungkin Anda sedang Mikir Seks
Sinterklas Antar Hadiah dalam Semalam?
Serbuan Email Spam semakin Gencar
Piagam HKI, Jaminan legalitas Software
Chrome -Jawaban Google untuk Browser Masa Depan
Solusi Dongkrak Kerja Notebook
100 Freeware Terbaik
Microsoft Turut Ramaikan Pasar Keyboard
YouTube perketat Konten Dewasa

4 tool Gartis mengembalikan SMS yang hilang

12 Kesalahan Sehingga Blog di Jauhi Serach Engine

Friendster VS Facebook


Related Posts by Categories



/show.js">

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com