Selasa, 23 Desember 2008

Tips Cermat Memilih Kamera

. Selasa, 23 Desember 2008
/show.js">

Meski harga kamera digital kini semakin terjangkau, jangan asal pilih. Sebelum merogoh kocek, ada baiknya ada mengenali spesifikasi kamera yang akan Sampeyan beli. Berikut ini akan kang-adek sajikan tips tips cermat memilih Kamera


MEGAPIKSEL

Hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kamera digital adalah resolusi sensor gambar (bagian kamera yang berfungsi untuk mengambil gambar) yang diukur dalam satuan jutaan piksel atau disebut megapiksel. Secara teori, semakin besar megapiksel yang dimiliki kamera, semakin mendetail pula gambar yang ditangkap,kualitasnya pun akan semakin tajam.

Namun, angka megapiksel tak selalu menunjukkan resolusi gambar yang sebenarnya. Ada beberapa kamera yang menggunakan teknologi interpolasi untuk menghasilkan foto yang besar, namun dengan cara menyisipkan piksel piksel tambahan diantara piksel asli dari foto jepretan kamera. Alhasil, fotopun jadi semakin tajam dan bisa dicetak lebih besar dari pada stSampeyanrdnya. Namun, teknik ini memiliki kelemahan, yaitu tidak akan pernah bisa membuat detail menyerupai gambar asli jepretan kamera. Interpolasi hanya akan mempertajam bagian bagian tertentu saja.

Lensa

Hal terpenting kedua yang mesti diperhatikan ketika Sampeyan memilih kamera adalah lensa. Meskipun angka megapiksel nya besar, kalau lensanya kurang bagus, hasilnya tetap tidak akan memuaskan. Perhatikanlah fungsi zoom – nya yakni zoom digital dan zoom optikal.

Zoom optikal adalah fasilitas perbesaran objek gambar secara vertikal oleh lensa. Sedangkan zoom digital merupakan proses perbesaran gambar dimana satu objek dibesarkan, lalu di cropping untuk memfokuskan titik tengahnya. Jika dibandingkan,tentunya zoom optikal lebih baik dibandingkan dengan zoom digital. Sebab , zoom digital sudah tidak berguna lagi karena Sampeyan bisa saja mentransfer gambar dari kamera ke PC, lalu meng-crop-nya sendiri memakai program digital imaging.

Untuk zoom optikal, kamera saku masa kini rata rata menyediakan fasilitas perbesaran hingga 4 kali. Beberapa kamera juga telah menyertakan fitur zoom tingkat tinggi seperti 8 kali hingga 10 kali. Sedangkan dari sisi lensa, pilihlah kamera yang kemampuan lensanya tidak cepat ketinggalan zaman dan termakan tren.

Baterai

Baterai kamera rata rata memiliki waktu pakai penuh selama satu sampai tiga jam. Ada yang menggunakan jenis AA, ada pula yang telah dilengkapi dengan baterai litium. Baterai litium lebih ringan dan lebih imut ukurannya dibanddingkan baterai AA. Selain itu, baterai jenis ini juga lebih tahan lama dam hemat karena bisa diisi ulang.

Mode

Pemilihan kamera yang tepat dapat pula mendukung proses kreatif sang pengguna. Misalnya, Sampeyan ingin lebih leluasa bereksplorasi, milikilah kamera saku yang memiliki fasilitas kontrol yang beragam.

Minimal, kamera tersebut memiliki mode pemotretan Auto, Program, dan Manual. Alangkah baiknya jika ada pula mode Shutter Priority dan Aperture Priority. Fasilitas untuk mengatur kecepatan lensa memotret (baik mode manual maupunShutter Priority) akan membuat Sampeyan lebih leluasa memotret. Misalnya Sampeyan ingin mengabadikan gerakan blur atau memotret mobil yang sedang melaju.

Namun, jika kamera hanya diperuntukkan untuk memotert snapshot, akan lebih pas jika Sampeyan memilih produk yang otomatis atau auto. Paling tidak, pilih kamera yang menyediakan mode pemotretan cepat (scene mode) yang beragam.

KESIMPULAN

Pilihan ada ditangan Sampeyan. Kata kuncinya, selalu sesuaikan produk yang akan Sampeyan beli dengan dana dan kebutuhan. Membandingkan spesifikasi dari setiap kamera untuk mendapatkan yang terbaik seirngkali merupakan cara jitu ketika Sampeyan sedang memilih.

Baca Juga


Bayi Bayi Mengerikan

Tertarik Kirim Pesan Dengan Alien?
Wow! Seorang Wanita Lahirkan 18 orang anak
Bersin? Mungkin Anda sedang Mikir Seks
Sinterklas Antar Hadiah dalam Semalam?
Serbuan Email Spam semakin Gencar
Piagam HKI, Jaminan legalitas Software
Chrome -Jawaban Google untuk Browser Masa Depan
Solusi Dongkrak Kerja Notebook
100 Freeware Terbaik
Microsoft Turut Ramaikan Pasar Keyboard
YouTube perketat Konten Dewasa

4 tool Gartis mengembalikan SMS yang hilang

12 Kesalahan Sehingga Blog di Jauhi Serach Engine

Friendster VS Facebook

Harry Potter Berbahaya?

Hati Hati Kecanduan Gula

Kucing Lebih Rajin Hadir di Ruang Sidang DPR

Nyamuk Bantu Polisi ungkap Pembunuhan

Zaidi, si Pelempar Sepatu Disiksa Selama 36 Jam

Asal Usul Aids



Related Posts by Categories



/show.js">

1 komentar:

nirmana mengatakan...

wah tipsnya mantab dan bermanfaat banget. thanks

tapi kok ga sekalian di kasih rekomendasi produknya yaw? hehe

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com