Senin, 05 Januari 2009

Jambu Biji Tambah Daya Tahan Tubuh

. Senin, 05 Januari 2009
/show.js">

Jambu biji atau dikenal juga dengan nama jambu kluthuk semakin populer sebagai salah obat yang membantu penyembuhan demam berdarah. Walaupun khasiatnya belum teruji secara medis, memang tak rugi memberikan jus jambu biji kepada pasien demam sebab buah eksotis itu mengandung vitamin C yang sangat tinggi.


Bahkan kandungan vitamin C didalam jambu biji bisa tiga sampai enam kali lebih tinggi dibanding buah jeruk. Lebih tinggi 10 kali dibandingkan dengan pepaya dan 10 sampai 30 kali dibandingkan dengan pisang.

Vitamin C itu terutama terdapat dalam daging buah yang segar. Bijinya yang sering tidak dikonsumsi pun mengandung vitaimin C seperti daging buahnya.

Dikutip dari depkes.go.id, disebutkan dalam buku Foods that Heal, Foods that Harm, 90 gram buah jambu biji lebih dari cukup memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada orang dewasa. Buku itu juga menyebutkan meskipun sudah kehilangan hampir 25 persen vitaminnya karena proses pengolahan, jus jambu biji kemasan kotak masih merupakan sumber vitamin C yang baik.

Berkat kandungan vitamin C dosis tinggi ini, kekebalan tubuh dalam melawan bakteri akan meningkat. Proses penyembuhan luka pun jadi lebih cepat. Di samping itu, tekanan darah juga menjadi lebih baik berkat buah itu terutama karena jambu biji merupakan sumber potassium yang baik.

Buah, daun dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tanin, sedang pada bunganya tidak banyak mengandung tanin. Daun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin.

Kandungan buah jambu biji per 100 gr terdiri dari kalori 49 kal, vitamin A 25 SI, vitamin B1 0,02 mg, vitamin C 87 mg, kalsium 14 mg, hidrat arang 12,2 gram, fosfor 28 mg, besi 1,1 mg, protein 0,9 mg, lemak 0,3 gram dan air 86 gram.

Selain membantu penyembuhan demam berdarah jambu biji dipercaya dapat menjadi obat untuk diabetes mellitus, maag, diare (sakit perut), masuk angin, beser, prolapsisani, sariawan, sakit Kulit dan luka baru.

Untuk memanfaatkan jambu biji untuk membantu pengobatan penyakit berdasarkan beberapa literatur, antara lain:

  • Diabetes Mellitus. Ambil 1 buah jambu biji setengah masak. Buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudiandisaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore
  • Maag. Ambil 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Rebus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.
  • Sakit Perut (diare dan mencret). 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Direbus dengan 1,5 liter air sampaimendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  • Sakit Perut atau Diare pada bayi yang masih menyusui. Jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya.Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.
  • Masuk angin. Ambil 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Semua bahan tersebut direbus bersamadengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari.
  • Beser (sering kencing) berlebihan. Sebanyak satu genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa). Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 elgas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Kemudian diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.
  • Prolapsisani. Ambil segenggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Rebus bersama dengan 2 gelas air sampaimendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Vara menggunakan: air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.
  • Sariawan. Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari.
  • Sakit kulit. Satu genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji ditumbuk bersama-sama sampai halus. Gosok bagian kulit yang sakit.
  • Obat luka baru. Bahan: 3 pucuk daun jambu biji. Dikunyah sampai lembut. Tempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengelurkan darah terus menerus.

Silahkan tulis pendapat/komentar Sampeyan mengenai tulisan di atas...

Related Posts by Categories



/show.js">

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tuliskan pendapat Sampeyan

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com